Saat Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin 2018

Berikan Info Begal, Kapolres Lumajang Janjikan Hadiah

0
INSPEKASI: Wabup Lumajang Indah Amperawati didampingi Kapolres Lumajang AKBP Arsal meninjau kesiapan pasukan.

LUMAJANG-KADENEWS. COM: Polres Lumajang melaksanakan apel gelar pasukan Operasi Lilin Semeru 2018 di Alun-Alun Lumajang, Jumat (21/12/2018) pagi.

Apel dipimpim oleh Kapolres Lumajang, AKBP Muhammad Arsal Sahban ini bertemakan “Melalui Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Semeru 2018 Kita Tingkatkan Sinergi Polri dengan Instansi terkait dalam Rangka Memberikan Rasa Aman dan Nyaman pada Perayaan Natal 2018 dan Tahun Baru 2019″.

Acara tersebut dihadiri Wakil Bupati Lumajang Ir. Indah Amperawati, Dandim 0821, Kajari dan kepala BNN Lumajang.

AKBP Muhammad Arsal Sahban, mengatakan apel siaga merupakan momentum penting untuk meninjau kesiapsiagaan personel. Serta pengecekan sarana dan prasarana pengamanan.

“Guna memperkuat soliditas para pemangku kepentingan yang dilibatkan dalam pengamanan Hari Raya Natal 2018 dan tahun baru 2019,” ujar Arsal saat menjadi inspektur apel siaga.

Menurut Muhammad Arsal Sahban operasi Lilin Lumajang untuk mengantisipasi potensi kerawanan jelang Natal dan tahun baru.

“Saya harap soliditas dan sinergitas tetap terjaga antara pemangku kepentingan. Itu menjadi kunci utama yang harus dipelihara dan ditingkatkan,” harap kapolres.

Arsal menjelaskan, bahwa Polri dan segenap jajaran TNI dan stakeholders terpusat dengan sandi “Lilin 2018.” Dalam operasi Lilin itu, melibatkan 167.783 personel pengamanan. Operasi kepolisian terpusat ini akan dilaksanakan selama 10 hari, sejakĀ  23 Desember 2018 – 1 Januari 2019.

Kapolres Lumajang menyampaikan, bahwa terkait dengan operasi lilin, jajaran Polres, Kodim dan Pemda Kabupaten Lumajang sudah melaksanakan kegiatan pra operasi, seperti melaksanakan pengecekan dan mengamankan seluruh gereja di wilayah Kabupaten Lumajang.

Dan untuk tahun baru, wilayah sekitar alun-alun akan dilaksanakan Car Free Night, serta tiga jalur utama masuk ke kota akan disekat mulai dari KTL 1, KTL 2, dan JLT selatan.

Kapolres menekankan kembali, bagi masyarakat yang dapat memberikan informasi atau menangkap pelaku begal atau pencurian hewan akan diberi hadiah (reward).

“Gaji Kapolres selama 1 bulan, akan saya berikan bagi masyarakat yang dapat memberikan informasi atau menangkap pelaku begal atau pencurian hewan,” ujarnya.

Pada kesempatan tersebut, Polres Lumajang melaunching Tim Pemburu Begal. Setelah itu Wakil Bupati, Kapolres, Dandim 0821, Kajari dan kepala BNN Lumajang, memeriksa kesiapan semua kendaraan personel pengamanan.

Usai Apel Gelar Pasukan Operasi Lilin Tahun 2018, melaksanakan pemusnahan barang bukti di halaman Mapolres Lumajang yakni minuman beralkohol berjumlah 2.015 botol, obat-obatan jenis Komix berjumlah 633 sachet, alkohol 70% berjumlah 362 botol serta knalpot brong 50 biji. (fat)