Pengusaha Properti Ciputra Berpulang di Singapura

0
SELAMAT JALAN PAK CI: Pengusaha properti Ir Ciputra meninggal dunia di Singapura, Rabu (27/11/2019) pukul 01.05 waktu setempat.

JAKARTA – Pengusaha properti, Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group, meninggal dunia, di Singapura, Rabu (27/11/2019) pukul 01.05 waktu setempat.

Kabar duka ini disampaikan oleh Rina Ciputra Sastrawinata, anak pertama begawan Properti Ciputra melalui pesan singkat.”Telah meninggal dunia dengan tenang, Bapak Ir Ciputra, Chairman dan Founder Ciputra Group di Singapore pada tanggal 27 November 2019 pukul 01.05 waktu Singapore. Kami keluarga besar Ciputra Group mengucapkan turut berduka yang mendalam dan mendoakan semoga keluarga yang ditinggalkan diberikan ketabahan dan kekuatan menghadapi kedukaan ini,” tulis Rina Ciputra Sastrawinata.
Ketua Umum Apindo Haryadi Sukamdani pun membenarkan kabar duka dari keluarga besar Ciputra. Ia sudah berkomunikasi dengan keluarga terkait berpulangnya pengusaha yang akrab dipanggil Pak Ci itu.

Menurut rencana Pak Ci, yang lahir di Parigi, Sulawesi Tengah, 24 Agustus 1931 akan dimakamkan di Tanah Air.
Pak Ci adalah seorang insinyur yang sukses dengan kelompok usaha antara lain pada Jaya Group, Metropolitan Group, dan Ciputra Group. Selain itu, dia pendiri Taman Impian Jaya Ancol, Bumi Serpong Damai, Pondok Indah, dan Bintaro.

Tak hanya di dunia properti, Pak Ci juga berkiprah di bidang pendidikan dengan mendirikan sekolah hingga universitas, seperti Universitas Ciputra, pendiri Universitas Pembangunan Jaya dan penggerak Universitas Tarumanegara.
Selain itu, Pak Ci juga memiliki saham di bisnis media massa. Yakni pemegang saham Jawa Pos Group yang memiliki ratusan media surat kabar dan televisi yang tersebar di seluruh Indonesia. (ian)