ITS Luncurkan MEvITS, Mobil Listrik Multiguna

0
INOVASI: Tampilan MEvITS, mobil listrik multiguna besutan sivitas akademika ITS.

SURABAYA-KADENEWS.COM: Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) tak kenal lelah untuk terus berinovasi bagi bangsa. Kali ini, ITS berinovasi dengan meluncurkan mobil listrik multiguna yang bernama Multipurpose Electric Vehicle ITS (MEvITS) dalam grand launching yang bertempat di Departemen Teknik Mesin ITS, Minggu (27/11/2022).

Ketua Tim Pengembangan MEvITS Prof Dr Eng Harus Laksana Guntur ST MEng mengungkapkan bahwa MEvITS ini adalah produk yang dirancang dan dikembangkan sepenuhnya oleh ITS. Bekerja sama dengan beberapa startup ITS, MEvITS menjadi suatu mobil listrik berkonsep pickup yang tangguh, hemat energi, elegan, serta stylish.

Lebih lanjut, Harus menjelaskan bahwa MEvITS diciptakan untuk dapat menjadi kendaraan yang tak hanya digunakan sebagai mobil penumpang, namun juga dapat untuk mengangkut barang. Mobil ini juga telah didesain untuk dapat menempuh jarak hingga 200 kilometer dan memiliki kecepatan maksimum hingga 100 kilometer per jam.

GRAND LAUNCHING: Multipurpose Electric Vehicle ITS (MEvITS) dalam grand launching yang bertempat di Departemen Teknik Mesin ITS, Minggu (27/11/2022).

Tak hanya itu, diharapkan MEvITS juga dapat dijangkau oleh masyarakat luas. “Agar harganya terjangkau, kami berusaha menginovasikan mobil dengan daya yang tak terlalu besar,” tambahnya.

Mobil dengan daya 20 kWh ini masih akan terus dilakukan penyempurnaan. “Dengan semangat real innovation, kami berharap mobil ini dapat menjadi terobosan yang berguna bagi masyarakat,” pungkasnya optimistis.

Peluncuran mobil karya sivitas akademika ITS ini dilangsungkan bersamaan dengan perhelatan tahunan temu alumni Teknik Mesin ITS yang bertajuk Pulang Bengkel. Peluncuran ini pun disaksikan oleh para alumni Teknik Mesin dari berbagai angkatan. (no/ian)