AASI Gelar RAT 2024

PRESS RELEASE

0

Jakarta-kadenews.com,-Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia (AASI) menggelar Rapat AnggotaTahunan (RAT) pada tanggal 12 Juni 2024 di Jakarta.

Agenda utama RAT 2024 ini yaitu pembacaan laporan program kerja serta laporan keuangan tahun anggaran 2023 serta pengesahan anggaran dan rencana kerja asosiasi yang dijalankan pada tahun 2024.

Peserta RAT merupakan perwakilan perusahaan keanggotaan AASI dan langsung dipimpin oleh Ketua Umum AASI Rudy Kamdani yang didampingi oleh para Ketua Bidang dalam jajaran Dewan Pengurus AASI.

Setelah pimpinan rapat membacakan program kerja asosiasi serta laporan keuangan, seluruh peserta RAT menyepakati secara mufakat serta menerima pertanggungjawaban program kerja tahun 2023, menerima laporan keuangan audited tahun 2023 dengan pelunasan dan pelepasan tanggung jawab pengurus atas program kerja dan laporan keuangan 2023.

Selain itu, para peserta RAT juga menyetujui dan mensahkan secara keseluruhan Rencana Kerja Bidang serta Rancangan Anggaran Belanja asosiasi tahun 2024.

”Alhamdulillah, seluruh peserta RAT secara mufakat menerima pertanggungjawaban program kerja dan laporan keuangan asosiasi di tahun 2023, serta menyetujui rencana kerja dan anggaran yang kami ajukan untuk tahun 2024 ini.

Semoga ini menjadi langkah baik untuk AASI untuk terus memberikan yang terbaik bagi industri asuransi syariah di Indonesia” ungkap Rudy di sela RAT.

Pada kesempatan tersebut pemimpin rapat juga mengusulkan penyertaan modal ke PT LSP Perasuransian Syariah, mengingat adanya kebutuhan penambahan dan upgrading asesor khususnya untuk sertifikasi agen, pengembangan skema sesuai dengan KKNI terbaru, serta pengembangan uji kompetensi bagi tenaga pemasar asuransi syariah Indonesia. Usulan tersebut juga disetujui secara mufakat oleh seluruh peserta.

Selain itu, peserta RAT juga menyetujui penunjukkan kantor akuntan publik (KAP) yang direkomendasikan oleh Dewan Pengurus Harian yakni KAP Kreston HHES serta menyetujui pembelian gedung AASI yang selanjutnya dikuasakan kepada Dewan Pengurus Harian.

Pada kesempatan ini, Rudy juga berpesan kepada seluruh peserta RAT sebagai pelaku industri bahwa ke depan ada tantangan yang lebih besar, untuk itu mari kita bekerjasama dalam memajukan industri asuransi syariah ini.

Peran aktif para anggota sangat dibutuhkan untuk membangun kepercayaan masyarakat terhadap asuransi syariah.

”Kita berharap tahun 2024 ini lebih baik lagi dari tahun sebelumnya. Mari kita bekerjasama mengembangkan asuransi syariah dengan mendapatkan kepercayaan dari masyarakat, di antaranya dengan menerapkan prinsip syariah secara maksimal, baik dari segi pengembangan produk maupun dari proses transaksi yang di lakukan.

Jangan sampai ada anggapan, kita menjual produk konvensional dengan pakaian syariah. Oleh karena itu, saya mengajak kita semua untuk bekerjasama dan lebih baik lagi untuk mendapatkan kepercayaan masyarakat, dengan begitu industri ini akan semakin baik lagi ke depan,” ajak Rudy kepada seluruh peserta RAT.

Acara RAT dibuka oleh Wakil Ketua Dewan Pengawas AASI KH. DR. Mohamad Hidayat, MBA., MH. Dalam kata sambutannya beliau menyampaikan pesan dari Wakil Presiden RI, Prof. DR (HC) KH. Ma’ruf Amin selaku Ketua Dewan Pengawas AASI untuk terus semangat dalam memajukan industri asuransi syariah di Indonesia.

Hidayat menambahkan bahwa saat ini AASI sudah memiliki positioning yang cukup bagus di antara asosiasi-asosiasi perasuransian di Indonesia, mengingat AASI telah rampung menyelasaikan tugasnya sebagai Ketua Dewan Asuransi Indonesia (DAI) periode 2021-2024.
”Ke depan AASI agar dapat menjalin silaturrahmi lebih banyak lagi ke tokoh-tokoh ekonomi syariah dan muamalah yang berskala global. Ini untuk menguatkan eksistensi industri asuransi syariah di dunia internasional.

Dan kita berharap AASI dapat mencari tempat yang lebih representatif lagi untuk dijadikan sebagai pusat kegiatan asosiasi untuk memajukan industri asuransi syariah,” pesannya saat memberikan kata sambutan. (*/Jo)

Tentang AASI
AASI atau bisa disebut dengan Asosiasi Asuransi Syariah Indonesia adalah perkumpulan perusahaan – perusahaan asuransi syariah dan reasuransi syariah Indonesia.

Untuk informasi lebih lanjut, silakan menghubungi:
Direktur Eksekutif AASI
Sekretariat AASI @ Graha AASI
Jalan Jatinegara Timur 2 No.4 – Jakarta Timur
Phone: 021 21013690 / 08118119951
Email: sekretariat.aasi@gmail.com