0
DEMO: Ketua LSM Format Ismail Makky saat menyampaikan orasi di depan kantor Bupati. (A. Zainurrifan/kadenews.com)

Ketua LSM Format Ismail Makky saat menyampaikan orasi di depan kantor Bupati. (A. Zainurrifan/kadenews.com)

Ratusan warga Unjuk Rasa Minta Lelang Proyek SPAM Umbulan Dibatalkan

PASURUAN – kadenews.com : Ratusan orang yang koordinir oleh LSM Format mendatangi kantor Pemkab Pasuruan. Mereka menuntut 3 proyek SPAM Umbulan yang dilelang LP dibatalkan.

Pasalnya, proyek tersebut telah dikondisikan pemenang lelangnya.
Ketiga proyek tersebut Spam offtake Desa Toyaning Rejoso senilai Rp 13 M, yang dimenangkan PT Permata Anugrah, Spam offtake Desa Winongan Segoropiro Rp 11 M, yang dimenangkan PT Kharisma Bina Kontruksi, Desa Kawisrejo Rejoso Rp 14 M, yang di menangkan PT Indopenta Bumi Permai.

“Pengkondisian terhadap proyek sangat kentara. Karena ada beberapa perusahaan yang tidak layak ikut menjadi peserta lelang. Termasuk juga dua perusahaan pemiliknya sama ikut lelang,” ujar Ismail Makky.

Sekitar 10 perwakilan pengunjuk rasa diterima oleh Asisten 1 Anang Syaiful Wijaya didampingi Kepala Dinas Cipta Karya Misbah, Kepala Dinas Bina Marga Hari Apriyanto dan Kabag LP Heru Widianto.

Menurut Kabag LP istilah pengkondisian tidak ada. Semua proses penawaran itu sudah sesuai dengan proses.”Termasuk kualifikasi perusahaan tentu harus sesuai dengan ketentuan. Bahkan pihak LP melakukan klarifikasi kepada perusahaan,” kata Heru.

Dalam penentuan lelang, tambahnya, pihak LP tidak mau diintervensi oleh OPD dan LP tidak pernah bertemu dengan pemilik perusahaan.

“Penentuan pemenang berdasarkan semua dokumen yang diserahkan ke LP. Semua berdasarkan prosedur yang baku,” tambahnya. (aza/ian)