Aliansi Rakyat Banyuwangi Siap Lakukan Pendampingi dan Kontrol Pelaksanaan Proyek

0
KOMPAK: Eko Sukartono bersama Tim ARB

BANYUWANGI-kadenews.com: Keberadaan lembaga swadaya masyarakat (LSM) di Banyuwangi untuk melakukan pendampingan masyarakat dan kontrol kebijakan pemerintah,  terus  bertambah.

Kali ini, muncul lagi  yakni Aliansi Rakyat Banyuwangi (ARB). ARB dipimpin Ir HM Eko Sukartono. Dalam pelaksanaanya, Eko dibantu Mujiono, Nanang Hariyanto (Cemeng), Pelni Rompis dan Slamet Santoso m(Geger). Sekretariatnya ada di Jalan Jaksa Agung Suprapton (timur kantor PDIP Banyuwangi). Hari ini (20/4/2018) digelar tasyakuran di sekretariatnya.

Ketua Umum ARB, Ir HM Eko Sukartono membenarkan kalau sekretariatnya akan dibuka Jumat (24/4/2018). Karena, tujuan mendirikan lembaga ini sangat baik dan mulia.

“Kita mengapresiasi teman-teman muda untuk berkumpul, kita ingin kritis, kita ingin tampil menjadi berdaya guna. Akhirnya kita sepakat menyewa sekretariat untuk nongkrong bersama,” ujar mantan Wakil Ketua DPRD Banyuwangi itu.

Selain itu, tujuan kita ingin kritis, ingin ngontrol dan mengawasi kegiatan apapun, termasuk proyek-proyek pemerintah yang dianggap melanggar ketentuan yang ada.

“Jadi, ARB ini lembaga profesional, termasuk melakukan pendampingan bagi masyarakat yang mengalami masalah,” beber pentolan LSM itu.

Untuk sementara, kata Eko, jumlah anggota sebanyak 22 orang. Tapi, di dalam ARB ini ada LSM Rejowangi, Persatuan Pembela Bangsa (P2B) dan sebagainya.

“Memang keinginan kita tidak ingin masuk ke ranah prolitik, sangat berisiko bagi teman-teman. Ya, murni pendampingan, pengawasan dan sebagainya,” paparnya. (har/ian)