Tiga Rumah di Ranuyoso Rusak Tertimpa Pohon Tumbang

0
GUYUB: Warga bergotong royong menyingkirkan pohon tumbang yang menimpa atap rumah warga. (Foto: fat/kadenews.com)

LUMAJANG-kadenews.com: Akibat hujan deras disertai angin, tiga rumah warga di Dusun Langgar, Desa Wonoayu, Kecamatan Ranuyoso rusakĀ  tertimpa pohon tumbang, Jumat (6/4/2018). Beruntung, kejadian tak menimbulkan korban jiwa.

 

GUYUB: Warga bergotong royong menyingkirkan pohon tumbang yang menimpa atap rumah warga. (Foto: fat/kadenews.com)

“Kami menerima laporan rumah tertimpa pohon itu kondisinya rusak setelah diterjang hujan dan angin kencang,” kata Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD KabupatenLumajang, WawanHadi, SH, Sabtu (7/4/2018).

Menurutnya, ketiga rumah warga yang tertimpa pohon tumbang itu milik Ibu Sunarsih, Nipan Al Achmad Marzuki, dan Muyan.

“Pohon sengonĀ  yang menimpa rumah dengan ukuran diameter 80 cm dan panjang 18 m. Beruntung dalam kejadian tersebut tidak menimbulkan korban jiwa, ” ujar Wawan.

Saat ini, masyarakat yang rumahnya berdekatan dengan pohon tinggi cukup banyak. Tentunya kondisi ini mengkhawatirkan tumbang jika dilanda hujan lebat disertai angin kencang.

BPBD Lumajang mengimbau masyarakat yang memiliki pohon tinggi dan berdekatan dengan rumah agar dilakukan penebangan untuk menghindari kecelakaan.

Selama ini, curah hujan disertai angin kencang melanda wilayah Lumajang dan terjadi pada sore hari, namun tidak begitu sering.

“Kami minta warga yang rumahnya terdapat pohon tinggi agar mewaspadai bencana itu. Bedarkan informasi BMKG hujan masih melanda Lumajang walaupun itu tidak sering” imbaunya. (fat/01)