Bikin Biogas dari Kotoran 3.000 Santri, Diapresiasi Menteri ESDM

0
SIAP BANTU MESIN BOR AIR: Menteri ESDM Ignasius Jonan bersama para kiai di Pondok Pesantren Al Yasini. (Foto: A Zainurrifan/kadenews.com)

PASURUAN – kadenews.com : Menteri Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Ignasius Johan merasa salut terhadap Pondok Pesantren Al Yasini, Areng Areng, Wonorejo. Pasalnya, pondok pesantren ini menjadi pelopor terhadap penerapan energi terbarukan.

Apresiasi disampaikan Menteri ESDM saat meresmikan Instalasi biogas skala komunal berasal dari kotoran santri. Dengan kamar 50 toilet, 2 ipal, 4 kompos gas, 2 lampu. jumlah santri 3.000 orang. “Saya salut dengan pondok ini karena menjadi pelopor penerapan energi terbarukan,” ujarnya  di Pondok Pesantren Al Yasini, Sabtu (7/4/2018)

Jonan berjanji membantu mesin bor air untuk kapasitas 3.000 orang dan tenaga surya. “Nggak usah surat, begitu ngomong iya, saya bangun, untuk menghemat pengeluaran,” ujarnya.

Sementara itu Pengasuh Pondok Pesantren KH Mujib Imron, menyampaikan terima kasih dengan bantuan ini, karena biasanya santri lama antre untuk mandi dan buang air.

“Kayak antre di Arofah, santri terkadang terlambat masuk sekolah, karena lama antrenya,” ujarnya.

Hadir pada acara tersebut,  Ketua Rois Syuriah PCNU KH Muzakky, Tanfidyah KH Imron, Pengasuh pondok Sidogiri KH Fuad Nurhasan, KH Abdullah Siroj dan Sekda Pemkab Pasuruan, Agus Sutiadji. (aza/01)