Cari Spot Foto Gerhana Bulan Total Keren? Ini Tujuh Lokasi Pilihan

0

JAKARTA – kadenews.com: Masyarakat Indonesia menjadi salah satu yang berkesempatan menyaksikan fenomena gerhana bulan total pada 31 Januari 2018 nanti.

Lembaga Penerbangan dan Antariksa (LAPAN) pun membuka kesempatan menyaksikan supermoon itu di beberapa daerah di Indonesia.

Lantas, mana saja lokasi yang terbaik untuk menyaksikan gerhana bulan total itu?

LAPAN mencatat ada 7 daerah, yakni Bandung, Sumedang, Garut (Jawa Barat), Pasuruan (Jawa Timur), Biak (Papua), Pontianak (Kalimantan Barat), dan Bukittinggi (Sumatra Barat).

Ketua LAPAN Thomas Djamaluddin menyebut kegiatan menyaksikan gerhana bulan total itu akan disertai edukasi publik mengenai gerhana bulan. Ia menjamin kegiatan itu terbuka untuk umum dan gratis.

Kendati demikian, Thomas menjelaskan bahwa fenomena gerhana bulan total kali ini sejatinya bisa dinikmati warga di seluruh wilayah Indonesia dengan satu syarat.

“Syaratnya hanya cuaca cerah,” tulis Thomas, Sabtu (27/1/2018).

Pria yang bergelar profesor di riset astronomi-astrofisika itu menambahkan fenomena kali ini bisa dipandang tanpa bantuan teleskop sekalipun. Fenomena tersebut menurut Thomas bisa dinikmati seperti bulan purnama. Arinya, masyaralat bebas berfoto-foto atau mencari spot untuk mendokumentasikan momen langka itu.

“Teleskop hanya untuk membantu melihat detail permukaan bulan,” ujar dia.

Dalam hitungan waktu Indonesia bagian barat (WIB), proses gerhana bulan total akan mulai pada pukul 18.48. Fase gerhana totalnya akan berlangsung pada pukul 19.52 sampai 21.08 WIB.

Tak hanya di Indonesia, gerhana bulan total bisa dinikmati di belahan dunia lain. Amerika Serikat bagian barat seperti Alaska misalnya, adalah salah satu titik yang dapat menikmati fenomena ini secara lengkap.

Gerhana bulan total kali ini punya beberapa sebutan karena terjadi berbarengan dengan fenomena lainnya. Ia disebut Blue Moon karena bulan purnama kedua yang terjadi dalam satu bulan.

Ia juga berada di fase perige sehingga masuk ke kategori Supermoon, yang artinya posisi bulan berada di posisi terdekat dengan Bumi. (dit)