Digelar Jumiang Beach Festival di Pamekasan

0
DESTINASI WISATA: Plh Bupati Pameksan Moh Alwi didampingi Kadis Pariwisata Achmad Syaifudin membuka pagelaran Jumiang Bech Festival.

PAMEKASAN – kadenews.com: Pelaksana Tugas Harian (Plh) Bupati Pamekasan, Madura, Jawa Timur, Mohammad Alwi, membuka pagelaran Jumiang Beach Festival dan launching Kalender Even Pariwisata tahun 2018 di Pantai Jumiang Desa Tanjung Kecamatan Pademawu. Sabtu (12/5/2018).

Pembukaan Festival dan launching kalender even tersebut ditandai dengan pelepasan balon oleh Plh Bupati Pamekasan dan disaksikan Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparibud), Achmad Sjaifudin, perwakilan Forpimda, staf ahli dan asisten, OPD terkait, Forpimka Pademawu dan beberapa undangan lainnya serta masyarakat sekitar.

Selain itu, pada kesempatan yang sama pula, Plh Bupati juga mengukuhkan Kelompok Sadar Wisata (Pokdarwis) Adirasa Jumiang.

Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan Achmad Sjaifudin mengatakan bahwa pesisir atau destinasi pantai Jumiang merupakan salah satu daya tarik wisata yang sedang dikembangkan oleh Pemerintah Kabupaten Pamekasan melalui Dinas Pariwisata dan Kebudayaan berupa penataan secara bertahap yang dilaksanakan sejak tahun 2017. Sementara ditahun 2018, sedang ditata beberapa fasilitas pendukung lainnya.

“Itu adalah upaya secara bertahap untuk bagaimana kawasan Pantai Jumiang ini lebih Bagus, lebih tertata dan lebih layak untuk bisa dijual pada masyarakat,” katanya.

Menurutnya, upaya yang dilakukannya akan menjadikan Jumiang lebih maju, berkembang dan semakin dikenal oleh masyarakat luas bukan hanya di Pamekasan tetapi juga di tingkat regional maupun nasional.

“Kami inginkan dengan ini dapat menumbuhkan ekonomi kita, sehingga ketika masyarakat datang ke sini maka akan berdampak pada peningkatan ekonomi masyarakat setempat, dan masyarakat Pamekasan pada umumnya,” ujar Kadis Parbud Pamekasan.

Sedangkan untuk kalender pariwisata Pamekasan tahun 2018, Disparbud sudah menyusun 17 even yang dimulai bulan Mei sampai November.

Sementara Plh Bupati Pamekasan dalam sambutannya menyampaikan ucapan selamat kepada Pokdarwis Adirasa yang sudah dikukuhkan sebagai pengelola obyek wisata Jumiang.

“Sebagaimana kita ketahui, Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Pamekasan berusaha mengembangkan obyek wisata yang ada salah satunya pesisir Jumiang,” ungkapnya.

Lebih lanjut mantan Kadis Penduk Capil itu berharap, semua inovasi yang dilakukan Disparbud yang secara sungguh-sungguh melakukan penguatan terhadap pengembangan pariwisata dan pemberdayaan masyarakat.

“Saya berharap agar Jumiang Beach festival ini dapat digelar sebagai agenda tahunan dalam kalender even Pamekasan sebagai salah satu media promosi dam pengembangan pariwisata di Kabupaten Pamekasan,” tandasnya. (bw/ian)