Debat Publik Paslon Bupati – Wabup Pamekasan Tawarkan Pembangunan Ekonomi

0
ADU PROGRAM: Debat publik antara paslon urut 1 Berbaur (RA Badrud Tamam - Raja’i) dan paslon urut 2 Kholifah (KH. Kholilurrahman - Fathorrahman) di hotel Odaita, Selasa malam (24/4). (Foto: bw/kadenews.com)

PAMEKASAN-kadenews.com: Debat publik pasangan calon Bupati-Wakil Bupati Pamekasan priode 2018, tawarkan pembangunan ekonomi dalam upaya mengentas kemiskinan dan mengurangi pengangguran menuju Pamekasan sukses di bidang pendidikan, kesehatan serta kesejahteraan.

Acara yang digagas KPU Kabupaten Pamekasan, bersama PT Radio Suara Pamekasan menghadir paslon urut 1 Berbaur (RA Badrud Tamam – Raja’i) dan paslon urut 2 Kholifah (KH. Kholilurrahman – Fathorrahman), acara berlangsung di hotel Odaita, Selasa malam (24/4).

Paslon Berbaur, berdalih masih rendahnya IPM, kemiskinan dan kesetaraan akan mencetak 10.000 wirausahawan pada 5 tahun ke depan untuk menggarap sektor industri lokal. Wirausahawan permodalan melalui BUMD, Koperasi dan Bank Syariah milik pemerintah.

Pasangan didukung kaum produktif, mengangkat pembangunan insprastur berkeadilan dan merata antara wilayah utara dengan wilayah selatan menyediakan dana antara Rp 500 juta sampai satu miliar.

“Pendanaan dari APBD, masih ada Rp 172 miliar kita kelola dalam mengurangi pengangguran dan pertumbuhan ekonomi yang usulan melalui musrenbang Desa. Program ini tidak tumpang tindih dengan AD dan DD,” jelas RA. Badrud Tamam.

Adapun paslon Kholifah, melalui visi-misi REMAJA (Regelius, Merakyat, Adil dan Sejahtera) mengangkat pembangunan ekonomi berbasis kemampuan generasi produktif berdasar keahlian di bidangnya masing-masing.

“Generasi produktif kita arahkan, kita bina, tentu didukung permodalan. Mulai mereka ahli di bidang olahraga, mengelola UMKM, pertanian, perkebunan dan peternakan dan lain sebagainya. Ini bentuk pemerataan pembangunan ekonomi untuk mengentas kemiskinan dan penganggaran,” jelas Kholilurrahman mantan Bupati Pamekasan priode 2008-2013.

Pembangunan ekonomi yang merata dan berkeadilan didasari topografi di setiap wilayah yang memiliki potensi unggulan bisa dikembangkan menciptakan lapangan kerja mengatasi pengangguran, mengurangi kemiskinan dan penanganan penyandang masalah kesejahteran sosial (MKS).

Selain itu, pasangan Kholifah akan mewujudkan sumber daya alam yang mumpuni dalam pemerataan pendidikan, kesehatan dan kesehteraan menuju system budaya birokrasi terbuka, professional, bersih dan pembangun e-goverment untuk pelayanan public beriman.

Acara Debat publik dibuka oleh Ketua KPU Pamekasan, Moh. Hamzah, dan dihadiri wakil dari Forpimda, Komisioner Panwaslu Pamekasan, para pengurus Parpol pendukung dan Tim sukses kedua paslon Bupati-Wabup Pamekasan, dipandu Dr. Buhari menghadirkan panelis dari kalangan akademik. (bw/ian)