498 Santri Ikut Program Pengabdian

0
SEREMONIAL: Pelepasan balon oleh Bu Nyai Aaliyah sebagai tanda pemberangkatan program pengabdian santri. (A. Zainurrifan /kadenews.com) 

PASURUAN – kadenews.com : Sebanyak 498 orang santri Pondok Pesantren (Ponpes) Terpadu Al Yasini Areng – Areng Wonorejo, akan melakukan program pengabdian (P2) santri ke 7 Kabupaten, 55 desa.

Pelepasan P2 ini dilakukan oleh pengasuh Ponpes Terpadu Al Yasini KH Mujib Imron di halaman ponpes setempat Sabtu (14/4/2018) pagi.

Dalam pengarahannya, KH Mujib mengingatkan santrinya agar bersikap jujur dalam memberikan keilmuannya. “Saat ditanya oleh di masyarakat harus bisa mengukur diri tentang keilmuannya, Kalau memang bisa, silakan menjawab bisa. Kalau tidak bisa, bilang tidak bisa, ” begitu pesannya.

Dikatakan lagi, santri Al Yasini, harus berakhlakul karimah dan bisa mengambil filososifinya orang sholat. Yaitu harus disiplin, jujur, fokus.

“Jadi harus fokus tidak perlu tolah toleh, sehingga tidak terpengaruh apapun,” tandasnya.

Sementara itu Ketua Yayasan Ponpes Terpadu Al Yasini H Zainudin mengatakan, bahwa P2 ini punya pembelajaran bagi santri yang lamanya 25 hari. “Sebelum diterjunkan ke masyarakat santri terlebih dulu diberi pembekalan selama 10 hari yang materinya, keagamaan (kemasyarakatan /Ubudiyah yaumiyah), administrasi, kesenian, kepemimpinan, manajemen organisasi, Dan praktek mengajar,” ungkapnya.(aza)