Nyepi, Mulai Pukul 23.30 Penyebrangan Ketapang-Gilimanuk Ditutup

0
PELABUHAN: Situasi menjelang Nyepi di Bali. (Foto: Urip Limartono Aris/kadenews.com)

BANYUWANGI-kadenews.com: Pelabuhan ASDP dan LCM Ketapang, Banyuwangi, Jawa Timur, akan tutup operasi selama Nyepi Tahun Saka 1940. Penutupan jalur pelayaran dari Jawa menuju Bali itu akan berlaku pukul 23.30 WIB, Jumat (16/3/2018) malam.

Jalur penyeberangan Pelabuhan Ketapang, Banyuwangi, menuju Pelabuhan Gilimanuk, Jembrana, Bali akan dibuka lagi, Minggu (18/3/2018), pukul 04.30 WIB. Keputusan jadwal penutupan ini merupakan hasil rapat koordinasi yang dilakukan para pemangku kebijakan dari Jawa Timur dan Bali pada pekan lalu.

Jumat (16/3/2018), aparat Polsek Wongsorejo telah mendirikan pos pantau di Desa Bengkak. Menurut catatan Satuan Lalulintas Polres Banyuwangi, kawasan ini termasuk area black spot yang harus diamankan selama libur Nyepi, Sabtu (17/3/2018) sampai Minggu (18/3/2018).

Pemasangan tenda pos pantau itu dipimpin Kanit Lantas Polsek Wongsorejo Ipda Agus Yudiono. Persiapan menyambut libur Nyepi tersebut melibatkan personil Unit Lantas Polsek Wongsorejo. Selama Nyepi petugas akan melakukan pemantauan di lokasi agar warga non Hindu yang menjalani libur panjang nyaman di jalan.

“Di Bali selama Nyepi jalanan lengang. Di Banyuwangi sebaliknya, justru libur panjang itu dimanfaatkan warga lokal dan luar daerah untuk berwisata ke sejumlah obyek yang ada di Bumi Blambangan. Itu yang kita antisipasi agar jalur hitam tidak memakan korban,” ujarnya.

Langkah Polsek Wongsorejo ini merujuk intruksi dari jajaran Polres Banyuwangi. Disamping mendirikan pos pantau, Kapolsek Wongsorejo, Iptu Kusmin bahkan telah memasang baliho pengumuman penutupan Pelabuhan Ketapang. Baliho itu dipasang di beberapa titik yang ada di jajaran Polsek Wongsorejo. Salah satunya di wilayah perbatasan antara Situbondo – Banyuwangi.

“Baliho sudah terpasang, semoga tidak ada pengemudi angkutan umum maupun logistik yang bingung. Semua sudah tertera di baliho jam berapa ditutup dan kapan dibuka lagi. Himbauan juga sudah disebar oleh Satlantas Polres Banyuwangi sejak pekan lalu ke berbagai pengusaha logistik maupun pemilik angkutan,” paparnya.

Mulai sekarang warga yang hendak menuju Bali agar mempersiapkan diri. Apabila harus berangkat supaya mengatur waktu agar tidak tertahan di tengah jalan karena dihadang oleh pecalang. Sehingga perjalanan yang ditempuh tidak terhambat.

“Lebih baik berangkat pasca Nyepi saja. Karena Jumat pukul 23.30 WIB, Pelabuhan Ketapang resmi ditutup dan baru dibuka lagi Minggu (18/3/2018) pukul 04.30 WIB,” paparnya. (rip/har/01)