Ayo Nonton Kirab Budaya Tionghoa di Banyuwangi

0
LEANG-LEONG: Berbagi kesenian dari Negeri Tirai Bambu akan unjuk kebolehan di sepanjang jalan. Tampak peserta Kirap Budaya saat melakukan latihan (Foto: Urip Limartono Aris/kadenews.com)

BANYUWANGI – kadenews.com: Akhir pekan ini, Banyuwangi akan menggelar kirab budaya Tionghoa. Kirab Budaya Tionghoa ini akan dimeriahkan oleh 19 kelenteng Hoo Tong Bio se- Jawa, Bali dan Lombok dan ribuan warga keturunan Tionghoa.

Kirab budaya yang dibalut dalam Festival Imlek ini akan digelar pada Sabtu (17/3/2018) pukul 13.00 yang diawali dari Tempat Ibadah Tri Dharma (TITD) Kelenteng Hoo Tong Bio.

Bupati Banyuwangi Abdullah Azwar Anas mengatakan Festival Imlek ini masuk sebagai rangkaian agenda wisata Banywuangi Festival. Anas mengaku pihaknya terus berkomitmen untuk mengangkat tradisi dan kebudayaan yang hidup di Banyuwangi.

“Kirab budaya Tionghoa ini wujud komitmen kami untuk mengakomodir semua tradisi yang ada di masyarakat. Festival Imlek masukk dalam ageda B-Fest, ini karena kami ingin menunjukkan bahwa budaya Tionghoa adalah juga bagian dari Banyuwangi. Banyuwangi yang dihuni banyak etnis, agama, dan budaya namun bisa saling hidup rukun,” kata Bupati Anas.

Dikatakan Kepala Bagian Humas dan Protokol Setda Banyuwangi Djuang Pribadi, festival ini digelar bertepatan dengan peringatan ke-234 Hari Kebesaran Yang Mulia Kongco Tan Hu Cin Jin. “Nanti kelenteng-kelenteng yang ada akan membawa kim sing atau sim beng atau dewa-dewinya untuk diarak keliling kota. Startnya jam 13.00 WIB di Kelenteng Hoo Tong Bio, lalu akan memutari kota sejauh 4,5 km,” ujar Djuang.

Djuang memastikan festival ini akan berlangsung semarak. Selain pesertanya dari berbagai daerah, di sepanjang perjalanan kirab masyarakat akan dihibur kesenian Liong Barongsai. Tak ketinggalan, kesenian lokal Banyuwangi juga ditampilkan. Seperti, Barong Kemiren, tari pitik-pitikan, jaran goyang, jejer gandrung, jaranan buto, dan macan Ontal. “Ini pastinya menarik, bagaiman budaya Tionghoa akan berpadu dengan budaya Banyuwangi,” ungkapnya.

Rute yang akan dilewati kirab budaya Tionghoa ini adalah dari klenteng Hoo Tong Bio di Jalan Ikan Gurami, peserta akan melewati Jalan RA. Katini, Jalan Nusantara, Pendopo Kabupaten. Dari pendopo belok kiri masuk Jalan PB. Sudirman, belok ke Jalan Wahid Hasyim, kemudian belok ke Jalan Pierre Tendean dan kembali finish di di klenteng Hoo Tong Bio.

“Tamu 19 kelenteng hari ini (Jumat-red) tiba. Di kelenteng akan ada penerimaan kim sing dari masing-masing utusan kelenteng,” beber Juang. (rip/har/01)