Anggota TNI Tak Canggung Ikut KB Steril

0
Tampak anggota TNI yang ikut KB steril (foto A. Zainurrifan/kadenews.com)

PASURUAN – kadenews.com: Sebanyak 122 orang peserta akseptor steril wanita yang lebih popular dengan sebutan MOW (medis operasi wanita) dan 4 akseptor steril pria atau MOP (medis operasi Pria) melakukan operasi pelayanan KB yang dilakukan oleh 30 orang tim medis BKKBN Jatim yang bertempat di RSI Masyitoh Bangil, Minggu (4/3/2018).

Bahkan Kepala Perwakilan BKKBN Propinsi Jatim Yen Rizal Makmur hadir untuk menyaksikan langsung operasi yang sangat sukses. Dan melakukan pembinaan kepada PKB/PLKB, untuk memberikan motivasi kerja.

Kepala Dinas KB Dan PP Kabupaten Pasuruan Ir. Yetti Purwaningsih, MMA, menjelaskan tingginya peserta MOW dan MOP yang ikut berpartisipasi, karena tingginya kesadaran masyarakat untuk ikut ber KB.

“Namun tidak kalah pentingnya adalah kerja keras dari teman – teman PKB/ PLKB yang ada dilapangan. Karena PKB/PLKB yang terus menerus melakukan motivasi kepada masyarakat untuk ikut KB khususnya program MOW dan MOP,” katanya.

Ditambahkan lagi, bagi peserta MOP, pemerintah daerah Kabupaten Pasuruan dan Pemerintah daerah Jawa Timur, memberikan uang pengganti kerja, karena selama satu hari peserta tidak bisa kerja, karena sudah ikut operasi dengan meluangkan waktunya berpartisipasi ikut MOP yang besarannya mencapai Rp 250.000.

Peserta 126 orang ini berasal dari seluruh warga Kabupaten Pasuruan. Dan yang istimewa adalah peserta dari anggota TNI Koramil Sukorejo yang ikut MOP Serka Suyoto. “Untuk saat ini ada 4 orang yang ikut steril pria. Ini sangat luar biasa, bahkan dari TNI,” (aza)