Kirab Hari Jadi Kota Pasuruan Meriah

0
KIRAB: Prosesi hari jadi Kota Pasuruan.(Foto: A. Zainurrifan/kadenews.com)

Teks : Tampak prosesi hari jadi kota Pasuruan.(A. Zainurrifan)

PASURUAN-kadenews.com : Prosesi puncak acara hari jadi ke 332 Kota Pasuruan berlangsung khidmat dan meriah pagi tadi. Acara kirap dimulai dari kantor Wali Kota Jalan Pahlawan. Kirap dibuka drumband Politeknik Pelayaran Surabaya disusul siswa dan petaka, serta Wali Kota, forkompimda, SKPD.

Sekitar 500 orang peserta kirap dengan menggunakan pakaian adat dengan berjalan kaki sejauh 1 km. Sepanjang perjalanan dipenuhi penonton yang berasal dari masyarakat dan staf karyawan pemerintah daerah.

Menariknya, seorang warga Australia menjadi peserta kirap Mr. Gaura Manca Carita yang juga seorang dalang. Prosesi ini menjadi hiburan bagi masyarakat.

Setelah sampai di rumah dinas disambut oleh tokoh lintas agama yang menerima pataka dari Wali Kota kepada tokoh lintas agama yang diwakili oleh Iqbal. Setelah di pendopo, ada acara lagi penyerahan pataka kepada ketua DPRD Kota Pasuruan Ismail.

Dalam sambutannya, Wali Kota Pasuruan Setiyono dalam usia ke 332, pemkot terus berusaha memberikan pelayanan prima kepada masyarakat. Yakni dengan mengambil tema, “Dengan Semangat Kita Wujudkan Kota Santri dan Kota Pusaka untuk Meningkatkan Kesejahtetaan Masyarakat.” “Perlu saran dan masukan dari semua komponen masyarakat,” tuturnya.(aza)