Sungai Meluap, Banjir Landa 343 Rumah Warga Rowokangkung

0
GANGGU AKTIVITAS: Banjir di Dusun Wungurejo, Desa Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur,  Rabu (24/1/2018).

LUMAJANG-Kadenews.com: Banjir menggenangi lebih dari 343 rumah di Dusun Wungurejo, Desa Sidorejo, Kecamatan Rowokangkung, Kabupaten Lumajang, Jawa Timur,  Rabu (24/1/2018).

Banjir disebabkan meluapnya avour 12 kapal keruk yang tidak mampu menampung debit air setelah hujan deras mengguyur wilayah itu sejak selasa (23/1/2018) malam.

“Tidak ada korban jiwa dalam bencana banjir ini, tetapi 343 KK terendam banjir dengan Ketinggian air sekitar 40 cm – 80 cm,” ujar Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi S.

Dia menjelaskan, akibat meluapnya avour 12 kapal keruk yang tidak mampu menampung debit air. Di mana air tersebut akan terus naik dan meluap ke jalan dan perumahan warga  di Dusun Wungurejo Desa Sidorejo Kec. Rowokangkung.

KERUH: Luapan air nyaris masuk ke rumah. (ist)

“Air juga menggenangi jalan setempat dan lapangan dusun setempat hingga setinggi 1 meter. Seluruh potensi yang dimiliki Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Kabupaten Lumajang dikerahkan untuk menanggulangi banjir tersebut,” jelas Wawan.

BPBD Lumajang juga menempatkan perahu karet di lokasi banjir yang ketinggian airnya mencapai 50 meter. Upaya evakuasi juga dilakukan terhadap  warga yang akan beraktivitas, dan mengantarkan anak berangkat sekolah. Selain itu, satu unit tangki air bersih BPBD Lumajang diterjunkan di lokasi banjir. “5000 liter air bersih akan disalurkan kepada ratusan warga yang terdampak banjir,” ujarnya.

Hingga berita ini ditulis, air yang menggenangi desa masih belum surut. Pihak BPBD Lumajang terus memantau lokasi banjir. Kabid Pencegahan dan Kesiapsiagaan Logistik BPBD Lumajang, Wawan Hadi S. mengatakan sejumlah personel masih terus disiagakan di lokasi banjir.

”Untuk mengantisipasi banjir susulan jiwa sewaktu-waktu hujan deras kembali turun,” kata Wawan. Dia juga mengimbau warga agar selalu waspada ketika terjadi hujan deras.

Informasi yang berhasil dihimpun di BPBD Lumajang Bupati Lumajang As’at Malik mendatangi lokasi kebanjiran, Rabu (24/1/2018).(fat)