Bupati Lumajang Kunjungi Balita Penderita Lumpuh

0
Bupati Lumajang, Drs. H. As'at, M.Ag saat menjenguk balita penderita Lumpuh di Jatiroto.

LUMAJANG – kadenews.com: Bupati Lumajang, Drs. H. As’at, M.Ag., didampingi ketua TP PKK Kabupaten Lumajang, mengunjungi rumah balita penderita lumpuh dan bisu dari keluarga pasangan suami istri, Gito dan Sulistyah, warga RT 1 RW 1 Dusun Pondok Asri, Desa Kaliboto Kidul Kecamatan Jatiroto, Lumajang, Rabu (17/01/2018).

Kedatangan bupati tersebut guna melihat langsung kondisi putra dari keluarga tersebut, yaitu, Moch. Affan (5 tahun) yang kondisinya lumpuh tidak bisa bicara dan hanya terdiam di kamar. Dalam kesempatan tersebut bupati memberikan bantuan berupa uang tunai dan sembako.

Dari informasi yang terkumpul ternyata anak tersebut belum imunisasi dasar. Namun, pernah ikut PIN sekali dan MR sekali. Kebiasaan balita tersebut sejak umur 3 tahun suka menghirup aroma bensin dari jurigen.

Sebelumnya, tepatnya pada 15 September 2017 ia mengalami kejang-kejang, gemetar dan lemas, namun tidak demam, masih bisa ngomong dan jalan.

Sedangkan, pada 22 september 2017, dibawa periksa ke Puskesmas jatiroto, dirujuk ke RSUD, tetapi, orangtuanya tidak membawanya ke RSUD.

Kemudian, pada 25 september 2017, periksa ke dr latif, dan disuruh rujuk ke RS dan tidak dilakukan dengan alasan kendala tidak memiliki biaya.

Akhir november 2017, dirujuk ke RS jatiroto sebagai pasien umum karena biaya merasa berat dapat satu hari diajak pulang paksa oleh keluarga.

Sekitar pertengahan Desember 2017, mengalami lumpuh total dan tidak bisa berbicara. Dugaan sementara sakit yang diderita anak tersebut adalah Lumpuh layu.

Setiap harinya dengan kondisi yang seperti itu anak tersebut mengkonsumsi susu dan bubur cair.

Bupati merasa prihatin. “Harus segera dibawah kerumah sakit, karena anak ini harus segera sehat dan jangan sampai anak tersebut tidak sekolah pak camat”, pesan bupati As’at. (fat)