PPKM di Jember Turun ke Level 3, Bupati Ucapkan Terima Kasih Dukungan Masyarakat

0
Bupati Jember Ir H Hendy Siswanto

JEMBER-KADENEWS.COM : Bupati Jember Hendy Siswanto menyambut gembira kabupaten yang dipimpinnya turun status Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat  (PPKM) dari level 4 ke level 3. Turunnya level ini menandakan jika semua pihak sudah bertanggungjawab dalam penanganan Covid-19.

“Alhamdulillah untuk PPKM Kabupaten Jember berada di level 3 sebagaimana Inmendagri No 27 tahun 2021. Ini menandakan jika kita semua sudah bertanggungjawab dalam penanganan Covid-19 dan semakin dipahami masyarakat,” kata Bupati Hendy Siswanto, Rabu (4/8/2021).

Hendy mengucapkan terima kasih  kepada semua pihak yang berusaha keras memutus mata rantai penularan Covid-19 sehingga Kabupaten Jember  berada di level 3. “Terima kasih untuk Satgas Penanganan Covid-19, seluruh nakes, TNI dan Polri serta OPD Kabupaten Jember atas kerja kerasnya,” ujarnya.

Hendy menegaskan, capaian tersebut menandakan tingkat partisipasi melakukan pencegahan penularan Covid-19 berjalan baik.”Capaian ini perlu disyukuri. Artinya, masyarakat semakin sadar sehingga terjadi penurunan mobilitas dalam penerapan PPKM di Jember,” tandasnya.

Camat Bantu Warga Isoman

Upaya Bupati Hendy Siswanto menurunkan PPKM ke level 3, juga didukung oleh camat dan masyarakat. Salah satunya, Camat Patrang Moh Rofik Sugiarto yang menyalurkan bantuan sosial (bansos) untuk warga yang melakukan isolasi mandiri (isoman) di Kelurahan Jember Lor.

RINGANKAN BEBAN: Bantuan paket sembako untuk warga Isoman diKecamatan Patrang, Jember.

Bantuan diserahkan melalui Lurah Jember Lor Roedi Herie di kantor kelurahan setempat. “Bantuan ini kami terima dari Dinas Sosial, ada 18 bansos yang kita salurkan di Kelurahan Jember Lor,” ujar Camat Patrang Moh. Rofiq Sugiarto, Rabu (4/8/2021).

Menurutnya, bantuan tersebut kemungkinan besar akan bertambah, seiiring penambahan warga yang melakukan isoman. “Terkonfirmasi melakukan isoman, yang akan diusulkan melalui RT/ RW, Kelurahan hingga kecamatan dan segera akan kita laporkan ke Dinas Sosial,” tambah Rofiq.

Rofiq menerangkan di kecamatan Patrang sekitar 120 orang yang  menjalani Isoman. Sebagian dari mereka sudah sembuh dari Covid-19. “Seratus lebih itu tersebar di delapan kelurahan dan bansosnya sudah disiapkan semua,” katanya

Lurah Jember Lor Roedi Harie menyampaikan dapat 18 bansos untuk 18 warga yang melakukan isoman. “18 orang itu ada di empat lingkungan dan sesuai nama-nama yang sudah di list. Tentunya penyalurannya akan kita lakukan dengan protokol kesehatan yang ketat,” jelasnya.

Dalam penyaluran bantuan, Satgas COVID desa dan RT/RW akan melakukan tracing terhadap warga yang bersangkutan. “Apakah keluarga di rumah itu ada yang sakit, kalau ada yang sakit akan kita belikan obat,”  katanya. (wk/rmol/ian)