Sembilan Kambing Kakinya Dilakban, Dibawa Kabur

0
PELAKU: Sugianto dan Liwon mencuri sembilan ekor kambing.

LUMAJANG-KADENEWS.COM: Dua dari enam orang komplotan pencuri sembilan ekor kambing ditangkap Tim Cobra Polres Lumajang, Kamis (9/1/2020).

Kedua pelaku  adalah Liwon warga Persil Ranupakis RT 02 RW 16 Desa Kaliboto Kidul, Kecamatan Jatiroto dan Sugianto Dusun Kotokan RT 003 RW 10, Desa Jatiroto. Sedangkan empat orang lainnya buron.

Dua pelaku ini mencuri kambing milik Sugeng Prayitno di Desa Kaliboto Lor, Kecamatan JatIroto, Kabupaten Lumajang, Senin (6/1/2020) sekitar pukul 21.00 WIB

“Tim Cobra terus memburu empat orang lainnya yang sudah masuk DPO,” ujar Kasubag Humas Polres Lumajang Ipda Catur Budi Baskoro, Kamis (9/1/2020).

Menurut Ipda Catur, sebelum beraksi mereka berbagi tuga. Pelaku Liwon dan Sugianto datang ke rumah pelaku SR untuk merencanakan pencurian sembilan ekor kambing itu.

Saat bertemu itu, disepakati Liwon bertugas menyediakan mobil untuk mengangkut kambing hasil curian, pelaku Sugianto mencari pembeli.  Sedangkan pelaku SR beserta dua orang komplotannya sebagai eksekutor, mencuri kambing dari kandang.

Setelah berbagi tugas, selanjutnya pelaku Liwon menyewa mobil Avanza kepada warga Desa Dawuhan Wetan, Kecamatan Rowokangkung, Lumajang Rp 250 ribu per hari. Saat menyewa mobil, Liwon mengatakan untuk acara nikahan. dengan alasan akan di buat untuk acara nikahan.  “Kemudian pelaku SO menemukan pembeli bernama BH warga Randuagung, Kabupaten Lumajang,” ujarnya.

Namun pada pukul 19.00 WIB, pelaku Liwon dan Sugianto dihubungi oleh pelaku SR untuk datang ke tempat kejadian perkara dengan membawa mobil.

Sesampai di rumah korban, ternyata sembilan ekor kambing  diambil oleh pelaku SR beserta dua pelaku lainnya. Sembilan kambing itu kakinya sudah diikat lakban hitam.

“Kemudian sembilan ekor kambing tersebut dijual kepada BH di Randuagung dengan harga Rp 9 juta ,” ujar Ipda Catur Budi Baskoro.

Akibat perbuatannya tersebut, kedua pelaku digelandang ke Mapolsek Jatiroto untuk mempertanggung jawabkan perbuatannya.”Barang bukti berhasil diamankan delapan kambing, sedangkan seekor hilang,” pungkas Kasubag Humas.(fat/ian)