Tiga Hari Gunung Ringgit Terbakar

0
SEMANGAT: Relawan berusaha melakukan pemadaman di Gunung Ringgit.  (Foto:a.zainurrifan/ kadenews.com)

PASURUAN – KADENEWS.COM:  Kebakaran di G Ringgit, Desa Jatiari, Prigen, Kabupaten Pasuruan belum padam hingga memasuki hari ke tiga. “Seharisnya pemerintah pusat turun tangan untuk membantu alat-alat pemadam kebakaran salah satunya adalah pembasahan dengan helikopter,” ujar  Adi salah satu relawan pemadam kebakaran hutan.

Adi menceritakan, kebakaran hutan tahun ini lebih besar dibandingkan tiga tahun berturut-turut. Kini hutan cemara dan padang rumput habis terbakar. “Embusan angin kencang dan terik matahari yang panas semakin menghambat pemadaman. Selain itu kondisi medan yang terjal, menyulitkan pemadaman,” ujarnya.

Selama ini, sambungnya, pemadaman dilakukan dengan manual tanpa bantuan alat. Api semakin sulit dikendalikan. Kondisi sekarang mengkhawatirkan karena api sudah mau mendekati perkebunan warga yang ditanami kopi.

“Warga semakin gelisah kuatir api membakar tanaman kopi yang menjadi mata pencaharian penduduk. Akhirnya warga dengan sukarela membantu memadamkan api,” tambah Adi. Saat ini yang sudah terbakar sekitar ratusan hektar.  (aza/ian)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here