Ringkus Sindikat Pencurian Mobil Antar Kota

0
KOMPLOTAN: Kapolres Lumajang AKBP M Arsal menjenguk tersangka AD di RS Bhayangkara Lumajang dengan tangan diperban akibat kena bondet. (Foto:Fatoni/kadenews.com)

LUMAJANG-KADENEWS. COM:  Tim Cobra Polres Lumajang berhasil mengungkap jaringan sindikat pencurian mobil antar-kota.

Pelaku yang berhasil ditangkap berinisial AD (30) asal Kabupaten Probolingggo. Tersangka AD yakni berperan sebagai perantara pencurian mobil.

Sebelumnya Tim Cobra Polres Lumajang melakukan pengintaian terhadap pelaku di wilayah Probolinggo. Namun oknum kepala Kampung Tongas Wetan bernama Ahmadi membawa kabur tersangka AD dari RSUD Muhammad Saleh Probolinggo dengan menggunakan mobil Ayla miliknya.

Tersangka AD ini sempat menjalani perawatan di RS Muhammad Saleh Probolinggo Karena tangan kirinya terkena bondet yang sedang dirakitnya.

Tim Cobra Polres Lumajang berhasil melakukan pemgejaran dan menghentikan mobil yang ditumpangi yang sangat tajam tetap bisa mengintai pelaku sehingga kendaraan mereka bisa dihentikan oleh Tim Cobra di jalan Poros Probolinggo-Lumajang tepatnya di daerah Leces yang jarak 18 Km perjalanan dari RS Muhammad Saleh.

Kemudian tersangka AD dan oknum kepala Kampung langsung diamankan ke Mapolres Lumajang.

Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban mengatakan, penangkapan pelaku AD terkait dengan kasus pencurian mobil di 5 titik. Dua titik di antaranya di Lumajang.

“Pelaku ini  pernah tiga kali beraksi di luar Kabupaten Lumajang,” ujarnya, Kamis (27/6/2019).

Oknum kasun tersebut saat ini turut diperiksa polisi untuk  mengetahui motivasi membawa kabur ‘AD’.

“Oknum kasun tersebut bisa dikenai pasal 221 ayat 1 KUHP, jika nantinya terbukti memberikan pertolongan terhadap seseorang untuk menghindari penyidikan,” tegas Arsal.

Sementara Kepala Kampung Ahmadi mengaku tidak tahu bahwa AD sedang diburu Tim Cobra Polres Lumajang. Ahmadi hanya diminta menjemput pelaku, yang mengaku tidak kerasan dirawat di rumah sakit.

“Saya hanya disuruh kepala Desa untuk membawa tersangka AD. Saya sebenarnya tidak tahu kalau AD dicari Tim Cobra,” katanya.

Saat ini, tersangka menjalani perawatan di RS. Bhayangkara Lumajang karena tangannya terkena ledakan bondet miliknya sendiri.

Selain itu polisi juga berhasil mengamankan satu unit mobil L-300 yang dicuri oleh kawana pelaku.

“Polisi saat mengembangkan perkara ini dan masih memburu pelaku lain,” tuturnya. (fat/ian)