KIPRAH DINAS KELUARGA BERENCANA DAN PEMBERDAYAAN PEREMPUAN KABUPATEN PASURUAN TAHUN 2018

0
BERPRESTASI: Penerimaan penghargaan Top 25 Kovaablik 2018 Jatim, progres penurunan usia dini multi level marketing generasi berencana (MLM GENRE) di Hotel Shangri-La Surabaya.

PASURUAN-KADENEWS.COM: Dinas KB dan PPĀ  adalah salah satu OPD (organisasi perangkat daerah) dari Pemerintah Kabupaten Pasuruan yang mempunyai 2 urusan yaitu (1) Kependudukan, Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga, (1) Pemberdayaan Perempuan dan Pelindungan Anak.

Di bawah kepemimpinan Ir. Yetti Puwaningsih, MMA beserta jajarannnya terus berupaya mewujudkan Visi Bupati Pasuruan yaitu Mewujudkan Pasuruan yang Sejahtera dan Maslahat melalui program inovasi diantaranya SAKERA JEMPOL (Sadari Kekerasan pada perempuan dan anak dengan Jemput Bola) guna menurunkan kekerasan terhadap perempuan dan anak dan Multilevel Marketing Generasi Berencana (MLM GenRe) dalam rangka menurunkan angka pernikahan usia dini.

BORONG PENGHARGAAN: Bupati Pasuruan Irsyad Yusuf memberikan 5 penghargaan kepada Dinas KB dan PP Kabupaten Pasuruan.

Atas keberhasilan dalam melaksanakan program inovasi tersebut secara optimal, Pemerintah Republik Indonesia melalui Kemetenrian PAN-RB menominasikan program Inovasi SAKERA JEMPOL dalam inovasi pelayanan publik tingkat internasional mewakili Indonesia yang diselenggarakan oleh United Nations Public Service Awards (UNPSA), di samping itu program inovasi MLM GenRe mendapatkan penghargaan Top 25 dalam ajang Kompetisi Inovasi Pelayanan Publik (Kovablik) tingkat Propinsi Jawa Timur.

Dalam rangka mewujudkan Kabupaten Pasuruan Layak Anak dan Responsif Gender, Dinas KB dan PP melakukan program Program Penguatan Kelembagaan Pengarusutamaan Gender dan Anak dengan kegiatan (1) Pengembangan materi dan pelaksanaan KIE tentang KKG (kesetaraan dan keadilan gender) (2) Evaluasi Pelaksanaan PUG (pengarustamaan gender) dan (3) Fasilitasi Pelaksanaan Kabupaten Layak Anak (4) Fasilitasi Pengembangan Pusat Pelayanan Terpadu Perlindungan Perempuan dan Anak ( PPT-PPA ).

Program dan kegiatan ini dilakukan secara optimal dan terkoordinasi dengan OPD lain dan instansi vertikal di Wilayah Pemerintahan Kabupaten Pasuruan.

Atas keberhasilan ini, pada tahun 2018, Kementerian Pemberdayaan Perempuan dan Perlindungan Anak (PP-PA) memberikan penghargaan Kabupaten Layak Anak tingkat Pratama dan Anugerah Parahita Ekapraya (APE).

Di samping melaksanakan program inovasi, Dinas KB dan PP melaksanakan program dan kegiatan kependudukan dan keluarga berencana yang bersifat rutin di antaranya Pencanangan Kampung KB di 24 Kecamatan di Kabupaten Pasuruan, Kesatuan Gerak PKK, TNI Manunggal KB Kesehatan, Bhakti Sosial Keluarga Berencana, KIE berbagai media dan MUPEN serta pelayanan medis operasi yang dilakukan serempak dengan melibatkan beberapa rumah sakit sekitarnya dan program pembangunan keluarga sejahtera khususnya Program Tri Bina : BKL (Bina Keluarga Lansia), BKR (Bina Keluarga Ramaja), BKB (Bina Keluarga Balita) dan PIK-R. Program dan kegiatan yang dilakukan oleh Dinas KB dan PP difokuskan untuk ketercapaian Indikator Kinerja Utama (IKU) yaitu Prosentase CPR (Contraseptive Prevalence Rate), Prosentase tahapan keluarga Pra Sejahtera dan Keluarga Sejahtera 1.

Atas pencapaian kinerja yang telah dilakukan dalam 1 tahun terakhir yang dilaksanakan oleh segenap pimpinan dan jajaran Dinas KB dan PP, Pemerintah Kabupaten Pasuruan memberikan penghargaan kepada Dinas KB dan PP sebagai Dinas berkinerja terbaik dan mendapat peringkat I Sistem Akuntabilitas dan Kinerja Instansi Pemerintah (SAKIP tahun 2018). (aza/adv)