Operasi MOW dan MOP Sukses di Pasuruan

0
KOMPAK: Akseptor usai operasi bersama Kepala Dinas KB dan PP. (A. Zainurrifan/kadenews.com)

PASURUAN – kadenews.com : Sebanyak 152 orang akseptor MOW (medis operasi wanita) dan 4 orang akseptor MOP ( medis operasi pria) dilayani dalam Bakti Sosial Pelayanan KB MOW dan MOP di RSI Masyitoh-Bangil berjalan sukses, kemarin.

Sejak pagi peserta yang berasal dari 22 Kecamatan se Kabupaten Pasuruan mulai berdatangan. Kecamatan Lumbang dan Puspo tidak ikut serta. Peserta antusias sekali ikut antre pelayanan baksos KB ini.

Kepala Dinas KB dan PP Ir. Yetti Purwaningsih M.MA menyatakan dirinya bangga baksos kali ini sangat sukses. Karena banyaknya peserta yang ikut MOW dan MOP.

“Ini menunjukkan kesadaran masyarakat Kabupaten Pasuruan sangat membanggakan,” ujar Yetti.

Ditambahkan lagi baksos ini kerjasama dari BKKBN perwakilan Jawa Timur, Lanud TNI AU Madiun, Dinas KB dan PP Kabupaten Pasuruan. Dalam operasi kali ini terdapat peserta KB MOW yang punya penyakit lain.

“Dari tim medis juga melakukan operasi lanjutan. Berupa pelengketan usus di organ wanita. Jadi membantu meringankan peserta akseptor. Kalau operasi khusus tersebut biayanya bisa puluhan juta, ” tambahnya.

Untuk peserta MOP panitia memberikan hadiah. “Khusus bapak-bapak peserta MOP ada hadiah khusus. Sebagai ganti ongkos kerja yang pada saat operasi libur kerja,” paparnya lagi.

Dalam kesempatan itu, Yetty menyampaikan prestasi lain dari Kabupaten Pasuruan yang tingkat kelahirannya tergolong rendah dibandingkan rata rata Jawa Timur. Yaitu 1,83 persen sedang Jawa Timur 1,91 persen. (aza)