Pasar Murah Ramadhan Digelar, Antisipasi Harga Melonjak

0
LARIS: Pasar murah Ramadhan diselenggarakan tanggal 4 sampai 9 Juni 2018 di Alun-alun Kota Lumajang.

LUMAJANG-kadenews: Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lumajang, menggelar pasar murah Ramadhan. Hal tersebut antipasi persiapan melonjaknya harga kebutuhan menjelang  Idul Fitri 1939 H.

Demikian disampaikan Drs Agus Eko Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag) Kabupaten Lumajang ketika ditemui media ini, Senin (4/6/2018).

Pasar murah Ramadhan diselenggarakan tanggal 4 sampai 9 Juni 2018 di Alun-alun Kota Lumajang. Sedangkan pasar murah Ramadhan juga akan di gelar di Jatiroto pada tanggal 8-9 Juni 2018.

“Sebagai instansi yang bertugas memantau harga sembilan bahan pokok plus barang penting lainnya, pasar murah merupakan program Disperindag yang bertujuan sebagai stabilisator harga dan bekerjasama dengan Dinas Instansi, serta distributor, dan pengusaha,” jelas Agus Eko.

Drs Agus Eko Kepala Dinas Perindustrian dan Perdagangan Kabupaten Lumajang.

Dia menambahkan, kegiatan ini pantau harga dan kesetersediaan komoditi strategis.  Operasi pasar yang pertama ini operasi pasar reguler yang bekerja sama dengan Bulog Distrik Probolinggo menyediakan komoditi strategis.

“Untuk yang kedua, pasar mandiri yang bekerjasama dengan distibutor, pengusaha dan para pengusaha, ini dengan harga yang standar,” jelas Agus Eko.

Sementara itu, Sumiati (40) warga Lumajang mengatakan, bahwa pasar murah yang digelar Disperindag Lumajang sangat membantu masyarakat karena harga bahan pokok relatif murah dibandingkan harga di pasaran.

“Kegiatan ini sangat membantu masyarakat. Kami membeli satu paket dengan harga Rp 40 ribu dapat beras per kg, gula satu per kg, minyak satu liter dan telur per kg,” katanya. (fat/ian)