Awas Jalur Piket Nol Longsor

0
HATI-HATI: Jalur Lumajang ke Malang lewat Selatan longsor. (Foto: fat/kadenws.com)

LUMAJANG-kadenews.com: Hujan deras berdampak longsor di jalur Lumajang-Malang lewat Selatan. Tepatnya sebelah kanan dari arah Pronojiwo menuju kawasan puncak  Piket Nol, 56 kilometer, Desa Sumberwuluh, Kecamatan Candipuro, kabupaten Lumajang.

Akibat longsor, pengendara yang melewati  jalur Lumajang-Malang harus ekstra hati-hati karena rawan  terjatuh ke dalam jurang.

“Longsor terjadi di separo jalan ini sangat membahayakan pengguna jalan saat melintas. Untuk itu pemerintah secepat segera memperbaiki,” ujar Nur Rohman warga setempat

Menurutnya, kejadian longsor tersebut sejak dua hari yang lalu dengan kondisi longsor sepanjang 4 meter dengan kedalaman 10 meter dan memakan bahu akses jalan ke Piket Nol.

“Kawasan jalur Piket Nol sering terjadi longsor, masyarakat saat melintasi jalan tersebut untuk berhati-hati. Pemerintah harus segera mengantisipasi semakin meluas  longsoran tersebut,” jelasnya.

Untuk itu warga Candipuro dan Pronojiwo mengharapkan kepada Pemerintah Kabupaten Lumajang dan instansi terkait untuk segera mengambil langkah perbaikan jalan tersebut.

“Apabila dibiarkan berlarut-larut akan mengakibatkan terputusnya jalur Lumajang menuju kabupaten Malang maupun dari arah sebaliknya,” pungkasnya.

Apabila jalan menuju Kabupaten Malang terputus, warga Kecamatan Pronojiwo, dan Candipuro akan terisolir.  Karena saat akan berpergian mereka harus memutar melewati Kabupaten Malang, Pasuruan, dan Probolinggo yang di perkirakan menghabiskan waktu Sekitar 6 – 7 jam perjalanan. (fat/01)