Siswa SMA Negeri 2 Lumajang Belajar di Unit Donor Darah PMI

0
PRAKTIK: Siswa SMA Negeri 2 Lumajang sepi outing class di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Lumajang, Jumat (8/4/2022).

LUMAJANG-KADENEWS.COM: Bulan Ramadan tak membuat siswi SMA Negeri 2 Lumajang sepi aktivitas. Kegiatan outing class dilakukan di Unit Donor Darah (UDD) PMI Kabupaten Lumajang, Jumat (8/4/2022).

Mereka belajar secara langsung proses pemeriksaan calon pendonor, pengambilan darah, hingga pengolahan serta penyimpanan. Termasuk darah yang sudah melalui proses pengolahan itu akan didistribusikan ke pasien yang membutuhkan di rumah sakit – rumah sakit.

Ke dua puluh empat siswa siswi yang belajar di UDD PMI Lumajang diterima staf UDD PMI Supriono. Ia menjelaskan donor darah, manfaat, hingga armada pengangkut darah yang siap ditransfusikan ke pasien dengan Blood Jek.

“Proses darah hingga bisa ditransfusikan ke pasien yang membutuhkan, setelah proses pengolahan kita antarkan dengan armada blood Jek”, terang Supri.

Para siswa siswi yang mengikuti outing class di UDD PMI Lumajang, nampak sangat antusias.Selain tanya jawab yang gayeng, mereka juga langsung melihat proses pengolahan darah di ruang – ruang pengolahan darah.

” Kami berharap, dengan pengetahuan yang mereka dapatkan , memotivasi untuk menjadi calon pendonor darah sukarela”, harap Supri. (rin/ian)