Bupati Malang Datang pun ‘Ditodong’ Thermo Gun

Kampung Tangguh Semeru Kalipare Bebas Covid-19

0
TERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN: Petugas mengukur suhu tubuh Bupati HM Sanusi dengan thermo gun. (Foto: Usamah/ kadenews.com)

MALANG-KADENEWS.COM: Bupati Malang HM Sanusi mengapresiasi wilayah Kecamatan Kalipare yang zero alias steril dari penyebaran Covid-19. Tidak ada warga di kecamatan tersebut yang terinfeksi virus Corona. Hal ini terwujud berkat kemandirian warga yang disiplin menaati protokol kesehatan.

Alhamdulillah Kecamatan Kalipare tidak ada satu pun warganya yang terkena Covid-19 dan khususnya Desa Kalirejo,” kata Bupati HM Sanusi saat meresmikan Kampung Tangguh Semeru Desa Kalirejo, Kecamatan Kalipare, Kabupaten Malang, Sabtu (13/6/2020).

Menariknya, semua pejabat yang hadir di Desa Kalipare dicegat oleh petugas Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan Covid-19 di desa tersebut dengan memeriksa suhu tubuh menggunakan thermo gun, tak terkecuali Bupati HM Sanusi.

Petugas wanita berbaju batik merah dan mengenakan face shield dan karet pelindung tangan menyodorkan thermo gun ke dahi bupati. Setelah dicek suhu bupati normal,  mempersilakan Sanusi menuju ke kursi undangan.

Menurut Sanusi sebagai Kampung Tangguh Semeru, Desa Kalipare bisa menjadi pioner bagi wilayahnya lain. Ia menilai warganya sangat mematuhi dan berdisplin melaksanakan protokol kesehatan mulai dari memakai masker, menyediakan tempat mencuci tangan dengan sabun, handy sanitizer hingga mengukur suhu tubuh tamu yang datang. Selain itu menjaga jarak dengan physical distancing maupun sosial distancing.

“Memang  menghadapi tatanan kehidupan normal baru keberadaan kampung tangguh sangat penting untuk memutus mata rantai penyebaran Covid-19. Konsep dasar kemandirian dengan dasar gotong-royong dan saling membantu sesama di tengah masyarakat,” jelas Sanusi.

Adanya kampung tangguh ini, lanjut Sanusi, menjadikan masyarakat Kalipare lebih maju baik secara sosial maupun ekonomi. “Sehingga bisa menopang pembangunan desa secara mandiri,” papar bupati yang akan mencalonkan lagi pada periode berikutnya melalui rekomendasi PDIP itu.

Kedatangan Bupati Malang HM Sanusi bersama Kapolres AKBP Hendri Umar SIK MH, Dandim 0818 Letkol Inf Ferry Muzawwad sempat meninjau lumbung pangan, dan ruang Karantina mandiri di Desa Kalipare. Bupati juga menyerahkan bantuan sembako untuk lumbung pangan desa setempat dan santunan anak yatim.

Kapolres Malang AKBP Hendri Umar mengharapkan keberadaan kampung tangguh mampu meningkatkan kesadaran masyarakat dalam menjaga stabilitas kamtibmas. “Lingkungan sekitar tetap aman dan dapat mencegah penyebaran Covid-19,” harapnya.

Soal keberhasilnya mencegah penyebaran Covid-19 di desanya, Kades Kalirejo Mashudi mengawali dengan mensosialisasikan terkait bahaya Covid-19 dan langkah untuk mengantisipasi penyebaran Covid-19. “Alhamdulillah sampai saat ini virus Covid-19 tidak masuk di wilayah Desa Kalirejo,” ujar Mashudi.

Setelah mengunjungi Desa Kalipare, rombongan Forkopimda menuju ke Desa Karangkates, Kecamatan Sumberpucung dan terakhir ke Desa Slorok, Kecamatan Kromengan. (sam/ian)