Pasuruan Raya Banjir, Arus Lalin Dialihkan lewat Tol

0
IMBAS BANJIR: Arus lalu lintas yang macet di Kota maupun Kabupaten Pasuruan.

PASURUAN – KADENEWS.COM – Hujan deras mengguyur Pasuruan Raya. Akibatnya banjir terjadi di mana-mana, Rabu (26/02/2020).

Tak hanya di Kota Pasuruan, di kabupaten, banjir  mengakibatkan kompleks perkantoran Pemkab di Raci ikut tergenang.

Halaman parkir yang biasa penuh oleh kendaraan mendadak burubah seperti telaga. Ketinggian air diperkirakan mencapai 15-30 sentimeter.

Peristiwa yang berlangsung pada Rabu (26/02/2020) sore itu bukan kali pertama terjadi.

Sebelumnya, pemandangan yang sama terjadi saat hujan deras mengguyur wilayah setempat setahun silam. Kala itu, buruknya sistem drainase di kompleks perkantoran Raci disebut sebagai penyebabnya, Mapolsek Beji ikut tergenang.

Genangan diduga berasal dari aliran sungai di depan Mapolsek yang tak mampu menampung debit air. Di daerah Winongan, Gondang wetan, Rejoso dan Pohjentrek juga banjir.

Sementara itu air menggenangi sejumlah jalan yang berada di wilayah kota Pasuruan, meliputi Kelurahan Kebonsari, Kecamatan Panggungrejo, Kota Pasuruan. Di antaranya Jalan Sumatra, Jalan Belitung, dan sejumlah gang di Jalan KH. Abdul Hamid.

Di Jalan Sumatra dan Jalan Belitung, air naik ke  trotoar. Budi (55) pemilik toko di Jalan Sumatra mengatakan genangan air terjadi tak lama setelah hujan deras.

“Baru kali ini sampai trotoar. Sebelumnya, meski hujan deras, tidak sampai naik ke trotoar,” ujarnya

Selain di Kecamatan Panggungrejo, banjir juga menggenangi jalan di Kelurahan Krampyangan, Kecamatan Bugul Kidul.
Arus lalulintas dari arah Pasuruan ditutup, karena luapan air Sungai Welang Kraton yang dialihkan lewat tol. Begitu juga dari Surabaya – Pasuruan mengalami kemacetan dua jam dan dialihkan lewat tol. (aza/ian)