Antisipasi Warga Buang Sampah Sembarangan, Desa Panempan Pasang 16 CCTV

0
FOTO UDARA: Foto hasil pantauan CCTV di Desa Panempan, Kecamatan Pamekasan. (Foto: prasetiawan/ kadenews.com)

PAMEKASAN – KADENEWS.COM : Terobosan yang dilakukan oleh Pemerintahan Desa (Pemdes) Panempan, Kecamatan Pamekasan, Madura patut diapresiasi. Untuk menjaga kebersihan lingkungan dengan memanfaatkan teknologi Closed Circuit Television (CCTV) .

Sebanyak 16 CCTV dipasang di beberapa sudut desa untuk memantau aktivitas warga agar tidak membuang sampah sembarangan. Harapannya warganya  disiplin dengan membuang sampah pada tempatnya.

Kepala Desa Panempan, Moh Fandi mengatakan, pemasangan CCTV itu memiliki dwi fungsi yakni untuk keamanan dan sebagai alat pemantau masyarakat agar tidak membuang sampah sembarangan.

“Saya berpikir CCTV mungkin bisa mengurangi perilaku masyarakat  membuang sampah sembarangan lebih-lebih ke sungai, karena memang desa kami memiliki aliran sungai,” jelas Fandi, Kamis (9/1/).

Menurutnya, sebanyak 16 titik CCTV terpasang untuk memantau 70,22 hektar wilayah Desa Panempan dengan penduduk 2.337 jiwa yang beroperasi selama 24 jam bisa dimonitor dari kantor desa.

Pemasangan CCTV hingga tahap dua tahun 2019 dibiayai dari Anggaran Dana Desa (ADD). “Dana yang kami keluarkan untuk pemasangan CCTV ini sekitar Rp 20 juta,” ujar Fandi yang dua periode menjadi kepala desa alias klebun.

Fandi menegaskan Pemdes Panempan sedang merancang peraturan desa untuk membuat sanksi (punishment)  bagi warga yang membuang sampah sembarang.  “Draf aturan punishment itu  masih pada tahap usulan untuk dibahas,” ujar Fandi mantap.  (pras/ian)