Masuk Tiga Besar Jatim Lomba PKK-KKBK, Pamekasan Optimistis Lolos ke Nasional

0
LOMBA: Ketua Tim Verifikasi Drg. Fitria Dewi, M.Si, didampingi Ibu Nayla Baddrut Tamam, meninjau kebersihan lingkungan di Desa Panempan. (Foto: prasetiawan /kadenews.com)

PAMEKASAN – KADENEWS.COM : Pamekasan berhasil masuk tiga besar Lomba Kesatuan Pemberdayaan Kesejahteraan Keluarga Kependudukan Keluarga Berencana dan Pembangunan Keluarga (PKK KKBPK) Kesehatan katagori Pola Hidup Bersih dan Sehat (PHBS) tingkat Provinsi Jatim.

Tim ini berpeluang menjadi duta Jatim dalam lomba tingkat nasional pada Februari 2020 mendatang.

Untuk memastikan bisa menjadi duta Jatim, Tim Penilai Lomba Tingkat Jawa Timur memverifikasi atau penilaian lapang dipimpin Drg Fitria Dewi MSi ke Desa Panempan Kecamatan Pamekasan, Kamis, (9/1) lalu. Kedatangan tim penilai diterima Ketua Tim Penggerak PKK Kabupaten Pamekasan Ibu Nayla Baddrut Tamam di Balai Desa Panempan.

Menurut Ketua Tim, verifikasi lapang untuk memastikan kesesuaian antara fortopolio dengan kondisi lapangan. Selain itu, untuk mengetahui adanya sesuatu yang tidak tertulis pada fortofolio, tetapi ada di lapangan.

“Saya lihat tadi anak-anak main musik gamelan menyanyikan lagu Tanduk Majeng. Mereka mungkin bisa bikin informasi kesehatan lewat musik gamelan, itu sangat menarik,” kata Fitria Dewi,  Wakil Ketua Pokja IV Tim Penggerak PKK Provinsi Jatim.

Ia menegaskan aspek penilaian dititikberatkan pada inovasi. Desa Panempan ini, pernah mendapat Madura Award karena inovasinya di bidang kesehatan dan hidup bersih. Inovasi di desa tersebut, budidaya tanaman sayur hidroponik yang dilakukan kalangan remaja.

“Yang menarik tadi salah satunya adalah di sini ada sayur hidroponik sayur. Mohon maaf kalau di Madura itu yang terkenal itu bebek, sate gole, nasi cumi, tidak ada sayur. Tapi ini ada hidroponik, itu artinya ajakan ayo makan sayur. Inilah inovasinya,” tandas Fitria. (pras/ian)