Ekadi Katili : “Siap Angkat Daerah di Kancah Film Nusantara”

0
Ekadi Katili (Foto Tio)

~ Bagi Ekadi Katili film sudah menjadi bagian hidupnya. Karena di Film kita bisa mengespresikan segala kelebihan dan kekurangan. Film menurutnya bisa menjadi acuan, untuk menempatkan diri. Emosi gelisah, dan kecewa merupakan satu kesatuan yang setiap manusia biasa mengalami.

~ Menurut pria asli Makassar, bahwa Indonesia memiliki banyak daerah dengan view yang sangat eksotis. Lokasi dan masyarakatnya juga sangat mendukung. Budaya bahasa dan culture masyarakatnya suku di tanah air ini memang, sangat menarik, apalagi soal mistik atau kisah-kisah mistik tentu setiap daerah berbeda.

~ “Kadang cerita fiksi sudah tak menarik lagi masuk dalam film. Ditambah lagi cerita yang dibuat dan dipaksakan nyambung,” katanya. “Memaksakan cerita yang ditambah-tambahin yang sebenarnya hanya fiksi , kayaknya harus ditinggalkan,” tambah Ekadi Katili ditemui di Bogor pekan lalu.

~ Eka menjelaskan, dengan mencoba mencari bahan cerita di daerah, seperti Toraj, sungguh menarik. Karena budaya masyarakat Tor Tor, yang kaya akan cerita-cerita mistis. Saat ini saya, kok merasa lebih menyukai melakukan pekerjaan di daerah. “Di Jakarta terlalu banyak waktu terbuang. Meski sebagian artis tinggal di Jakarta, tapi ya itu, itu saja, “ujarnya.

~ Sudah sebulan lebih, sutradara film horror ini berada di Makassar. Menurutnya film bertajuk ‘TOMATE : Walking Dead mengangkat tentang budaya luhur Toraja. Kultur tentang bagaimana menghormati orang tua selama hidup atau sudah meninggal.

~ Selain kultur etika dan adat istiadat, kata Eka juga peduli mempromosikan Toraja dari segi budaya dan wisata. Film ini juga ingin menyampaikan pesan moral terkait maraknya pencurian benda-benda pusaka Toraja.

~ Ia mencoba membuat hal baru, dunia seni peran untuk masyarakat daerah di seluruh tanah air. Artist daerah juga dilibatkan sebagai bintang utama. Antara lain, Aga Dirgantara Iqbal Perdana (Jakarta), Yulinar Arif, Fifit Yani (Makassar), Deby Astuti toraja, Donn Maliwa (Toraja).
(tio)