MENGUNJUNGI DESA WISATA PUJON KIDUL, ADA SPOT FOTO KEREN LHO!

0

REKREASI atau jalan-jalan di pusat perbelanjaan, atau wahana permainan mungkin sudah umum atau biasa kita nikmati. Jika bosa dengan tempat-tempat pelesir tersebut, kini ada destinasi yang patut disambangi.

Adalah Desa Wisata Pujon Kidul di Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang. Destinasi ini tak kalah menarik untuk kita kunjungi karena memiliki pesona alam yang sangat indah.

Apa yang menarik di Desa Wisata Pujon Kidul?

Desa Wisata Pujon Kidul sendiri dikelilingi oleh perbukitan yang menjadikan udara di desa ini cukup sejuk, ditambah dengan banyaknya sawah warga yang nampak sangat hijau membuat mata kita terasa segar ketika melihatnya.

Sebagai desa wisata yang memiliki kawasan rumah kampung lestari, Pujon Kidul memang bisa dibilang cukup lengkap. Karena di Desa Wisata Pujon Kidul ini tak hanya terdapat wisata alam saja, melainkan juga terdapat Museum Desa yang tak kalah menarik untuk kita kunjungi. Selain itu juga terdapat Cafe Sawah, Cafe Sawah Desa Pujon Kidul ini menawarkan pemandangan persawahan warga yang nampak hijau. Di Cafe Sawah inilah biasanya wisatawan berfoto, karena memang disini terdapat beberapa spot foto keren.

Apalagi ditunjang oleh dusunnya memiliki sejumlah aktivitas warganya yang produktif. Ada dusun yang konsentrasi khusus susu sapi. Sehingga dusun ini disebut kampung susu.

Ada pula dusun yang warganya konsentrasi pada budi daya tanaman toga. Sehingga disebut kampung Toga. Ada pula kampung markisa, apel dan jambu merah.

Di sekitar persawahan warga terdapat gazebo dan spot foto yang dapat kita gunakan untuk bersantai menikmati pemandangan sambil berfoto ria bersama teman atau keluarga.

Tak bisa dipungkiri, di zaman yang serba digital ini, tentunya banyak dari para wisatawan yang tak ingin ketinggalan, jika menemukan tempat wisata yang baru, ditambah lagi dengan spot selfie terbaik. Buktinya seolah tak ingin kalah eksis dengan yang lainnya, nyatanya banyak para wisatawan yang berbondong-bondong untuk datang ke Wisata Pujon Kidul Malang ini.

Sekadar dketahui, semua potensi wisata di Desa Wisata Pujon Kidul Malang ini dikelola oleh Kelompok Desa Sadar Wisata yang ada di desa tersebut. Tak hanya memiliki wisata alam edukatif saja, Desa Wisata Pujon Kidul ini juga memiliki berbagai budaya tradisional yang sangat menarik untuk kita tonton seperti Kuda Lumping, Pencak Silat dan Tarian Sanduk.
Karena termasuk Desa Wisata yang cukup lengkap, kini Desa Wisata Pujon Kidul menjadi salah satu tempat wisata favorit di Malang, terutama wisata keluarga.

Terus meningkatnya jumlah wisatawan ke sini, tak heran jika Desa Wisata Pujon Kidul dinobatkan sebagai Desa Program Kampung Iklim (Proklim) Nasional oleh Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Hanya ada 22 desa di seluruh Indonesia yang didapuk sebagai Desa Proklim. Desa Pujon Kidul sendiri merupakan satu-satunya wakil Jawa Timur. Desa ini juga menjadi peserta lomba pengelolaan homestay tingkat ASEAN.

Tertarik untuk mengunjungi? (dit)