Tingkatkan Partisipasi Pemilih, KPU Sosialisasi Pilgub Jatim 2018

0
NARASUMBER: Kasdim 0824 Mayor Inf. Sampak HS mengharapkan Pilgub Jatim berjalan lancar dan aman. (Foto: ukik/kadenews.com)

JEMBER: LSM Trapp (Lembaga Swadaya Masyarakat Transparansi Akuntabilitas dan Partisipasi Publik) Jember bersama KPU adakan Sosialisasi Pilgub Jatim 2018, Sabtu (21/4/2018).

NARASUMBER: Kasdim 0824 Mayor Inf. Sampak HS mengharapkan Pilgub Jatim berjalan lancar dan aman. (Foto: ukik/kadenews.com)

Acara itu yang diadakan di Kedai B40 Jalan Brawijaya no 40 Mangli, Jember. Lewat kegiatan tersebut diharapkan dapat menarik antusias masyarakat khususnya para pemilih untuk proaktif hadir ke bilik suara sebagai bentuk partisipasi masyarakat terhadap Pilgub Jatim mendatang.

Berbagai elemen dan masyarakat ikut dalam kegiatan ini. Miftahul Rahman, ketua panitia pelaksana menyatakan tujuan dari acara ini untuk menarik antusiasme masyarakat.

”Acara ini diharapkan mampu menumbuhkan partisipasi masyarakat menjelang Pilgub Jatim ini bisa di tingkatkan, “ungkapnya.

Hal ini dipertegas dengan pernyataan Eberta Kawima selaku sekretaris KPU Jatim. Menurutnya pilkada adalah proses kehidupan berbangsa dan bernegara dalam alam demokrasi dan perlu partisipasi masyarakat .

“Perlu adanya peran serta masyarakat dalam mensukseskan pilkada Jatim ini,” ungkapnya.

Senada dengannya, Hanafi salah seorang perwakilan dari KPU Jember menyampaikan harapannya kepada masyarakat agar bisa lebih berpartisipasi dalam pilkada kali ini.

“Semoga dengan adanya sosialisasi ini partisipasi masyarakat dalam pilkada ini akan meningkat. Dan kita berupaya bagaimana pemilih semakin cerdas tidak mudah diiming-imingi sesuatu sehingga bisa merusak proses demokrasi yang ada,” tegasnya.

Terkait komplain banyaknya alat peraga yang menjadi keresahan masyarakat, pihak KPU Jember sudah melakukan teguran secara tertulis kepada pihak-pihak terkait.

Sementara itu, Dandim 0824 melalui Kasdim Mayor Inf. Sampak HS sebagai narasumber mengharapkan  keamanan dan ketertiban masyarakat perlu dijaga bersama-sama.

“Mari kita wujudkan Pilgub Jatim ini aman damai. Jangan sampai karena pilkada ini suami istri sampai terpisah,” pungkasnya. (kik/ian)