Telaga Biru yang Menawan di Tangerang

1
801
views
TELAGA BIRU: Danau Cigaru yang memang menawan. (Foto: ernawati/kadenews.com)

Oleh: ATS Ernawati

Telaga biru atau danau Cigaru sedang hits di media sosial. Lokasi berada di Desa Cigaru, Kecamatan Cisoka, Kabupaten Tangerang. Keindahannya hampir seperti miniatur danau kilimutu karena memiliki warna yang berbeda.

POSE: Ceria berlibur bersama keluarga. (Foto: ernawati/kadenews.com)

Ada yg kehijauan, biru, coklat dan bening. Lokasi ini menjadi tujuan wisata bagi masyarakat Tangerang dan sekitarnya.

Danau ini merupakan Bekas galian tambang pasir yang sudah berhenti beroperasi sejak tahun 2015. Bekas galian inilah terdapat beberapa cekungan yang berubah menjadi sebuah telaga yang memiliki warna yang berbeda-beda dan sangat indah.

Salah satu faktor yang mempengaruhi perubahan warna di telaga biru adalah tingkat keasaman air dan keberadaan dari alga ganggang yang bisa merubah warna air saat terkena sinar matahari.

Karena tingkat keasaman tinggi maka pengunjung dilarang berenang untuk menghindari hal yang tidak diinginkan. Pengunjung hanya bisa menjelajahi setiap sudut di Wisata Telaga Biru Cisoka bisa juga dengan menyewa perahu yang disediakan oleh pihak pengelola. Ada 4 perahu cantik yg dihias untuk memanjakan pengunjung berfoto ria.

DUDUK SANTAI: Getek cinta siap mengantarkan wisatawan berkeliling telaga. (Foto: ernawati/kadenews.com)

Tiket per orang dikenakan Rp 10.000. Kardi selaku penanggung jawab salah satu perahu mengatakan bahwa setiap hari selalu saja ada yg datang dan naik perahunya.

“Paling rame kalau liburan bisa 300an yang naik perahu, dan sering saya yg jadi juru fotonya”. Ujar penduduk asli cisoka ini.

Wisata buatan ini sering dijadikan lokasi foto prewedding karena banyak spot yang cantik untuk diabadikan.
Saat ini tanah masih dikuasai oleh swasta, pemerintah kabupaten Tangerang masih belum sepenuhnya ambil alih wisata yg sedang viral ini.

Beberapa pengunjung menyayangkan jalan menuju lokasi masih sempit cukup 1 mobil kalau berpapasan yg lain harus menepi.

“Padahal kalau akses jalannya bisa 2 mobil pasti lebih banyak wisatawan yang datang dan akan memberikan kontribusi peningkatan ekonomi masyarakat sekitar”, kata Joko Irwanto dari Balaraja.

Fasilitas rumah makan pinggir telaga juga sudah ada tapi kurang tertata rapi kesannya jadi kurang menarik. “kurang menarik karena tidak tertata, coba kalau dibuat bagus akan lebih nyaman saat menikmati keindahan telaga sambil makan,” ujar Lilis Herawati pengunjung dari Tigaraksa yang datang bersama teman kerjanya.

Indah memang telaga cigaru, akan lebih indah kalau lebih tertata dan dikemas untuk dijadikan wisata lokal yang layak di eksplore. Wisata murah meriah karena tidak ada tiket masuk, hanya dipungut biaya parkir kendaraan, mobil dikenakan tarif rp.15.000 dan motor rp.5.000.

Bis besar belum bisa masuk lokasi karena jalanan sempit. Yuuukkkkk menikmati indahnya telaga Biru Cigaru Cisoka Kabupaten Tangerang. (*)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here