Perkuat Komitmen Tingkatkan Kualitas Hidup Wanita

0
BERPRESTASI: Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan, Raja'e bersama para wanita yang meraih penghargaan pada peringatan Hari Kartini di Pendopo Agung Ronggosukowati, Senin (21/04).

PAMEKASAN – KADENEWS.COM: Peran perempuan dalam pembangunan di Kabupaten Pamekasan sangatlah besar. Hal itu terlihat dari bagaimana para kaum ibu yang menyiapkan para generasi berkualitas sejak dini.

Hal itu disampaikan oleh Wakil Bupati (Wabup) Pamekasan, Raja’e pada peringatan Hari Kartini di Pendopo Agung Ronggosukowati, Senin (21/04).

“Saya katakan bahwa keberhasilan pembangunan yang telah kita capai tidak terlepas dari pesan serta tangan-tangan terampil para wanita. Khususnya wanita yang tergabung dalam berbagai organisasi kewanitaan dan kader-kader yang berjibaku di dusun-dusun, desa dan kecamatan”, ucapnya.

Wabup menambahkan, bahwa tidak berarti hambatan dan perjuangan kaum wanita di Kabupaten Pamekasan telah berhasil secara optimal, akan tetapi masih banyak hambatan yang perlu diatasi bersama.

Pada peringatan Hari Kartini tahun ini, mantan ketua HMI Pamekasan itu mengajak semua yang hadir untuk kembali memperkuat komitmen dalam meningkatkan kualitas keluarga dan  kualitas hidup wanita sesuai dengan cita-citanga.

“Namun demikian saya tetap mengingatkan bahwa kebijakan pemberdayaan kaum wanita harus tetap ditingkatkan dan bermuara pada potensi dan kodrat kewanitaan. Sebab bagaimanapun keinginan kita untuk mengangkat harkat dan martabat kaum perempuan jangan sampai perjuangan kita melampui kodrat sebagai wanita,” ungkapnya.

Menurutnya, konsep gender sesungguhnya berhulu pada perbedaan sosial, budaya yang dinamis bukan persoalan gender yang berdasar pada jenis kelamin.

Selain itu ia ingin wanita-wanita yang telah banyak melakukan kewajiban mulia sebagai ibu rumah tangga harus memikul beban yang lebih berat lagi.

“Karena itu kebijakan dan program terbaik untuk pemberdayaan kaum perempuan adalah program yang sesuai dengan potensi dan kodrat perempuan serta tidak terlepas dari tuntunan agama yang kita anut bersama-sama,” tandasnya.

Pada kesempatan itu, Pemkab Pamekasan memberikan beberapa penghargaan kepada sepuluh wanita yang sudah mengangkat harkat dan martabat perempuan atas sumbangsih serta karyanya dalam pembangunan di Pamekasan.

Tampak hadir dalam acara tersebut seluruh anggota Forkopimda, ketua DPRD, pimpinan OPD, kepala Kemenag, ketua Tim Penggerak PKK kabupaten dan kecamatan se-Kabupaten Pamekasan dan para tamu undangan lainnya. (bw/ian)

 

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here