Wisata Edukasi Konservasi Alam

0
ALAMI: Wisata Edukasi dan Konservasi Alam Kampung Pancar Air Si Hijau di Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi.

PASURUAN-Kadewnews: Potensi alam Kabupaten Pasuruan secara menyeluruh berada di kawasan segitiga emas yaitu Malang dan Probolinggo.

Salah satunya keunggulannya adalah Wsata Edukasi dan Konservasi Alam Kampung Pancar Air Si Hijau yang lokasinya berada di Desa Cowek, Kecamatan Purwodadi.

Menurut pemilik tempat wisata ini Sugiharto, konsep wisata yang ditawarkan adalah wisata edukasi. Artinya wisata yang dibarengi dengan pendidikan tentang alam mulai konservasi air, hutan dan lingkungan.

“Tempatnya sangat mendukung untuk wisata alam, karena berada di alam pedesaan dan perbukitan yang di kelilingi sungai, ” ujarnya.

Lokasinya sekitar 4 km dari Jalan Raya Purwodadi Malang masuk ke kiri menuju pertigaan Nongkojajar. Begitu ada jembatan panjang belok kanan kurang lebih 2,5 km menuju si hijau.

“Keunggulan dari wisata edukasi ini, kami sebagai pengelola menawarkan wisata yang memberikan pengertian tentang manfaat alam untuk kehidupan, ” jelas sugiharto.

Seperti jelajah sumber mata air, penanaman pohon, pembudiyaan taman dengan cara cangkok dan stek. Karena lingkungan sangat nyaman pengunjung bisa berwisata di sungai dan kolam air.

Untuk bisa masuk ke lingkungan wisata edukasi pancaran air pengunjung dimintai uang jasa lingkungan sebesar Rp 5.000 per orang untuk pelajar dan masyarakat umum Rp 7.500.

“Pengunjungnya lebih banyak anak pelajar sesuai dengan target pengelola, karena menanamkan sikap cinta lingkungan hidup, “jelasnya. (aza/ian)