Eks Karyawan Curi Brangkas Isi Rp 71,2 Juta

0
TAK TERGOPOH-GOPOH: Sopir membantu membukakan pintu jok belakang. (ist)

Bobol Toko Miniso di Lantai 6 Tunjungan Plaza

SURABAYA-kadenews.com: Aksi pembobolan terjadi toko Miniso di lantai 6 Tunjungan Plaza (TP). Pelaku pembobol yang menyaru sebagai karyawan toko milik Reeva itu berhasil menggondol brangkas berisi uang Rp 71,2 juta.

KHAWATIR WAJAH TERLIHAT: Pelaku memilih berjalan mundur saat akan memasuki lift. (ist)

Informasi yang berhasi dihimpun, sebenarnya, kasus ini terjadi Minggu malam (31/12). Namun baru tersebar kabar tersebut, setelah rekaman CCTV beredar, Sabtu (27/1).

SANTAI: Pelaku menarik troli yang mengangkut brangkas menuju mobil yang menunggunya di parkir belakang. (ist)

Dalam rekaman itu, teridentifikasi satu pelaku laki-laki berjaket hitam beraksi saat toko Miniso dan TP sudah tutup. Sekuriti pun tak curiga ketika pelaku yang mengaku karyawan toko tersebut masuk menuju ke lantai 6.

KOMPLOTAN: Sopir mobil keluar akan membantu menaikkan brangkas. (ist)

Untuk memasuki toko tersebut dengan merusak kunci rolling door. Selanjutnya dia mengambil troli untuk membawa brangkas berisi uang Rp 71,2 juta itu keluar.

Namun, sebelum membawa keluar, brangkas dibungkus kardos coklat. Begitu tiba di pos penjagaan, sekuriti pelaku menunjukkan surat ambil barang.

TAK KEBURU: Pelaku dengan santai mengembalikan troli. (ist)

Akhirnya aksinya berjalan mulus. Dia mendorong troli menuju mobil Etios warna putih yang sudah menunggu di parkir belakang. Sang sopir pun segera membantu memasukkan brangkas di jok belakang.

TUNGGU DULU: Lagi-lagi santai nunggu temannya mengembalikan troli. (ist)

Setelah itu, ia membawa brangkas tersebut ke bawah. Kepada satpam, ia sempat menunjukkan surat ambil barang. Kemudian setelah keluar, terlihat sebuah mobil city car yang diduga Toyota Etios warna putih yang sudah menunggu di kawasan parkir belakang. Mobil tersebut dikemudikan oleh seorang pria berkacamata.

Menarik aksi dilakukan dengan tenang tak terlihat tergopoh-gopoh. Bahkan, pelaku masih sempat mengembalikan troli dan temannya sempat menunggu di mobil agak lama. Kemudian, mereka meninggal lokasi kejadian.

Menurut Kanit Reskrim Polsek Tegalsari Iptu Zainul Abidin, beberapa jam setelah kejadian, pihak menerima laporan tersebut. Untuk mengungkapnya, digelar olah TKP dan memeriksa CCTV di TP. Hal ini disampaikan oleh Kanit Reskrim Polsek Tegalsari Iptu Zainul Abidin.

“Dari rekaman CCTV dan memeriksa pemilik toko, identitas pelaku diketahui. Dia diduga bekas karyawannya,” ungkapnya. Kini polisi terus memburu pelaku dan masih berhasil menangkapnya. (din)