Persebaya Melawan Arus

0
MANTAN PERSIPURA- Otavio Dutra (dua dari kiri) setelah teken kontrak bersama empat pemain lainnya, dan resmi bergabung Persebaya. (foto:ist)

Reportase: Fathurozi

SURABAYA-kadenews.com: Manajemen Persebaya melakukan terobosan yang cukup berani. Di saat masyarakat bola Surabaya dan Bonek Mania mengharapkan agar merekrut Andik Vermansyah, mereka malah secara resmi mengontrak Otavio Dutra.

Ini merupakan langkah yang sama saja melawan arus. Karena sebelumnya Bonek Mania sudah mewanti-wanti manajemen agar tidak mengontrak pemain yang pernah melukai hati Bonek Mania.

Perlu diketahui bahwa BonekMania pernah menyatakan sumpah serapahnya pada Dutra, saat pemain asal Brazil itu meninggalkan Persebaya ketika masih bernama Persebaya 1927 dan menyeberang menukangi saingannya, yang kini bernama Bhayangkara FC. Padahal saat itu kompetisi masih berjalan. Kenyataan itulah yang sulit dilupakan Bonek Mania.

“Ibarat orang berumah tangga, Dutra itu sudah selingkuh. Trus sekarang tiba-tiba mau kembali, tapi seakan-akan dipaksakan. Koyok gak onok pemain liyane ae, C**k!!,” kata Mat Kopler, Bonek Krembangan Surabaya.

Dan yang tidak diterima Bonek lagi, di saat Dutra teken kontrak di sisi lain tak ada lagi upaya manajemen untuk mendapatkan tanda tangan Andik Vermansyah. Padahal saat ini Andik lagi balik kampung di Surabaya. Seakan-akan manajemen tak mau berburu lagi dan melupakan keinginan Bonek untuk mendapatkan Andik.

Selain mengontrak Dutra, Persebaya juga merekrut Osvaldo Haay. Bersama mantan pemain Persipura lainnya, yakni Ferinando Pahabol, Nelson dan Ruben Sanadi. “Kami kontrak mereka berdasarkan kebutuhan dan kemampuan kami,” kilah Manajer Persebaya, Choirul Basalamah.

“Mereka juga sudah melawati serangkaian tes fisik dan medis di Indonesia Sports Medicine Centre (ISMC) di kawasan Senayan, Jakarta. Dan hasilnya kami dibuat kagum,” tambah Abud, sapaan Choirul Basalamah tanpa merinci hasilnya.

Dutra sendiri mengaku senang setelah resmi kembali ke Persebaya. “Saya mau gabung ke Persebaya karena diajak Coach Alfredo Vera. Dan saya senang dia masih percaya sama saya,” katanya.
Selain itu, pemain asal Brazil yang kini memasuki usia 35 tahun tersebut diharapkan bisa mengimbangi permainan anak-anak muda yang menghuni Persebaya. Terutama berbagi pengalaman bermain di Liga 1.

Oleh karena itu, asisten pelatih Persebaya, Esteban Horacio Busto, tak ambil pusing dengan gonjang-ganjing yang ada di benak BonekMania. “Dutra termasuk pemain bek terbaik di Liga 1 saat ini. Bisa dilihat dari track recordnya. Jadi kita mengambil pemain sesuai kebutuhan tim,” tegasnya. (*)