Inovasi Layani Masyarakat lewat Kenduren Mas

0
DISERBU : Masyarakat mengantre di stan OPD yang membuka berbagai pelayanan. (Foto: a.zainurrifan/kadenews.com)

PASURUAN – KADENEWS.COM : Pemerintah Kabupaten Pasuruan punya cara tersendiri untuk mendekatkan diri kepada masyarakat.

Salah satunya inovasinya adalah kendaraan urun rembuk masyarakat  (Kenduren Mas), dari 14 Organisasi Perangkat Daerah (OPD), di Desa Purwosari, Kecamatan Purwosari, Rabu siang (20/2/2019).

Asisten Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat (Kesra) Setda Kabupaten Pasuruan, Anang Saiful Wijaya mengatakan, inovasi  kendaraan OPD dengan menerapkan 2 model pelayanan. Yakni menyediakan outlet di setiap kecamatan, dan metode jemput bola.

Rencananya, program ini akan hadir bergantian di masing-masing kecamatan di Kabupaten Pasuruan.

“ Hari ini di Purwosari, minggu depan di Kecamatan Gempol, minggu depannya lagi di Gondangwetan dan seterusnya keliling ke 24 kecamatan se-Kabupaten Pasuruan,” ujarnya.

14 OPD yang melakukan pelayanan kepada masyarakat Dispendukcapil, Dinas Tenaga Kerja, Dinas Perpustakaan dan Arsip, Dinas Sosial, Dinas Peternakan dan Ketahanan Pangan, Dinas Kominfo, Dinas Pertanian, BPBD (Badan Penanggulangan Bencana Daerah), Dinas KB dan PP, Dinas Kesehatan dan RSUD Bangil, Dinas Perindustrian dan Perdagangan (Disperindag), Dinas Pendidikan, Dinas Penanaman Modal dan Pelayanan Terpadu, hingga Palang Merah Indonesia (PMI).

Masyarakat antusias mendatangi stan, KB melakukan operasi KB yang rela antre agar bisa ikut pelayanan KB. Begitu juga di stang Dinas Kesehatan ada pemeriksaan kolesterol.

” Di stan KB membeludak masyarakat yang ingin berbagi KB, dengan gratis. Bahkan diberi makan. Masyarakat rela antre nunggu giliran operasi,” ujar Luluk PLT Sekretaris Dinas KB dan PP. (aza/ian)