Empat Komplotan Maling Sapi Ditembak

0
TEGAS: Komplotan maling dengan kondisi ditembak dibawa Ke Mapolres Lumajang.(Foto:fat/ Kadenews.com)

Polisi Tembak Komplotan Maling Sapi

FOTO: Tegas: Komplotan maling dengan kondisi ditembak dibawa Ke Mapolres Lumajang.(Foto:fat/Kadenews.com)

LUMAJANG-KADENEWS.COM: Enam dari sembilan  pelaku komplotan maling sapi meresahkan warga Lumajang berhasil diringkus Tim Cobra Polres Lumajang. Karena melawan saat akan ditangkap, empat pelaku  ditembak kakinya.

Aksi pelaku meresahkan warga Dusun Tabon, Desa Bades, Kecamatan Pasirian., Kabupaten Lumajang. Sebab, pelaku sebelumnya berhasil mencuri beberapa hewan ternak.

Penangkapan ini tim Cobra Polres Lumajang di back-up Subdit III Jatanras Disreskrimum Polda Jatim.

Penangkapan ini dilakukan di tempat dan waktu berbeda. Awalnya, polisi menangkap Husnan Fauzi (35) warga Dusun Kali Kembar, Desa Selok Anyar, Kecamatan Pasirian, Lumajang Kamis (28/2/2019). Namun saat akan ditangkap Husnan lari dan bersembunyi naik ke atas plafon.

Tersangka Husna berperan sebagai orang yang diduga ikut membantu memberikan kesempatan penempatan hewan hasil kejahatan dalam kandang.

Setelah itu, polisi melakukan pengembangan, dan berhasil menangkap tersangka Orep (58) Dusun Kali Kembar, Desa Selok Anyar, Kecamatan Pasirian.

Dalam melakukan aksinya, Orep sebagai penampung hasil curian sapi di kandang belakang rumahnya. Karena melawan saat akan ditangkap tersangka ditembak mengenai lutut kaki kiri.

Selanjutnya, petugas mengamankan Tingal (49) warga Dusun Kali kembar, Desa Selok Anyar. Tersangka ditangkap di wilayah hukum Polres Jember.

Kemudian polisi menangkap Busiri (35) di rumahnya di Dusun Krajan, Desa Bago, Kecamatan Pasirian, dan M. Andri (25) ditangkap di rumahnya Dusun Rekesan, Desa Bago, Pasirian. Karena saat akan ditangkap pelaku melakukan melawan sehingga ditembak pada lutut kiri.

“Ketiga pelaku Tingal, Busiri, M. Andri berperan sebagai orang yang melakukan pencuruian sapi,” ujar Kasat Reskrim Polres Lumajang AKP Hasran.

Sedangkan tersangka Amiri warga Dusun Keloran, Desa Kaliwungu, Kecamatan Tempeh sebelumnya ditangkap Satreskoba Polres Lumajang karena terlibat kasus narkoba, dan dia berperan mengawasi jalan dari TKP awal ke kandang yang sudah dipersiapkan.

“Kawanan maling sapi ini mempunyai peran yang berbeda-beda. Modusnya pelaku masuk ke dalam kandang dengan cara membobol dinding tembok kemudian masuk melepas tali sapi,” ujar Hasra.

Saat ini aparat kepolisain Polres Lumajang masih memburu tiga pelaku lainnya masih DPO.

“Tiga pelaku lainnya masih dalam pengejaran, tapi identitas semuanya sudah diketahui oleh tim cobra Polres Lumajang” ungkap Kapolres Lumajang AKBP Muhammad Arsal Sahban.(fat/ian)