PWI Pasuruan Ajak Anak-anak Tanam Pohon

0
PENGHIJAUAN: Anak Madin diajak tanam pohon. (Foto: a.zainurrifan/kadenews.com)

PASURUAN -KADENEWS: Ratusan siswa Madrasah Diniyah (Madin) melakukan penanaman pohon penghijauan di daerah tangkapan air sumber Umbulan se Kecamatan Winongan, Lumbang yang simbolis dilakukan di lapangan Desa Umbulan, Kecamatan Winongan,  Selasa (18/12/2018).

PENGHIJAUAN: Anak Madin diajak tanam pohon. (Foto: a.zainurrifan/kadenews.com)

Acara ini diprakarsai oleh Persatuan
Wartawan Indonesia (PWI) Pasuruan dengan menanam 2.000 pohon.

Sekretaris Daerah Kabupaten Pasuruan, Agus Sutiaji mengapresiasi positif acara bertajuk Selamatkan Hutan Demi Masa Depan ini.

Kegiatan ini sangat strategis untuk mengurangi krisis air bersih.
“Orang Pasuruan jangan sampai ada yang kekurangan air bersih. Dan sikap PWI untuk melakukan gerakan penghijauan ini, langkah konkrit untuk peduli dengan daerah tangkapan sumber air Umbulan,”ungkapnya.

Ia menambahkan, butuh komitmen dari seluruh lapisan masyarakat untuk menjaga keseimbangan lingkungan dan kelestarian lingkungan. Pihaknya juga akan menanggapi perrnyataan sikap dari para rekan media yang tergabung di PWI.

Dalam kesempatan itu  PWI menyatakan 4 pernyataan sikap bentuk komitmen untuk mendorong konservasi lingkungan. Di antaranya, PWI mengecam segala bentuk aktivitas perusakan lingkungan. Selain itu, melalui pemberitaan, PWI membangun kesadaran masyarakat untuk menjaga kelestarian lingkungan.

Menurut Ketua Panitia acara, Tuji Hartono, kondisi sumber air Umbulan saat ini juga memprihatinkan, akibat makin berkurangnya luasan areal hutan di kawasan Pegunungan Tengger (Bromo). Debit air Umbulan terus berkurang dan saat ini diperkirakan hanya sekitar 3.200 liter/detik hingga 3.500 liter/detik.

“Debit air sebesar itu, proyek SPAM Umbulan yang menjadi bagian dari proyek infrastruktur strategis, menjadi terhambat. Lantaran air yang akan didistribusikan bisa saja tidak mencukupi,” ungkapnya di sela-sela acara.

Sementara itu Ketua PWI Joko Hariyanto menitipkan kepada masyarakat agar peduli dan memperhatikan tanaman yang ditanam.

“PWI kerja nyata untuk peduli dengan sumber air Umbulan dan diajaknya anak kecil dalam penanaman itu untuk mengajak anak-anak peduli terhadap tanaman dan merawatnya,” katanya. (aza)