Lira dan Pemuda Pancasila Siap Pantau Pemilu 2019

0
DISKUSI: Anggota Lira dan Pemuda Pancasila siap mengawal Pemilu 2019

JEMBER-KADENEWS.COM: Lembaga Swadaya Masyarakat (LSM) Lumbung Informasi Rakyat (Lira) dan MPC Pemuda Pancasila Jember siap mengawal proses Pemilu 2019. Tujuannya agar pemilu berjalan lancar dan damai.

DISKUSI: Anggota Lira dan Pemuda Pancasila siap mengawal Pemilu 2019

Kedua organisasi ini akan  melakukan  konsolidasi program dengan Bawaslu RI yakni memperbanyak relawan tim pemantau pengawasan pemilu di berbagai daerah.

Pernyataan ini disampaikan Plt Bupati DPD LSM LIRA Jember, H Ismail, Senin (3/12). Menurutnya aksi yang dilakukan ini sesuai intruksi dari pimpinan DPP dan DPW Lira Jawa Timur.

” Kami mendapat instruksi dari DPW Lira Jatim untuk merekrut sebanyak banyaknya relawan pemantau pengawas pemilu. Hal ini sebagai bentuk dukungan terhadap terlaksananya pemilu yang adil dan damai,” ujarnya.

Khusus untuk kabupaten Jember DPD Lira akan mengupayakan sedikitnya 100 relawan yang akan disebar di enam dapil yang mencakup 31 kecamatan.

Agar sesuai rencana, pihaknya akan menggandeng anggota MPC Pemuda Pancasila Jember yang sebelumnya sudah pernah melakukan tugas yang sama pada Pilgub 2018 lalu.  Tujuannya untuk bersama-sama menjalankan tupoksi pengawasan terhadap proses pemilu 2019 mendatang.

Aksi ini mendapatkan tanggapan positif dari MPC Pemuda Pancasila Jember. Wakil Ketua MPC Pemuda Pancasila Jember, Kumbang Ari mengatakan, pihaknya menyambut baik konsolidasi yang dilakukan LSM Lira tersebut.

Baginya sebagai warga negara Indonesia yang peduli terhadap pemilu sudah selayaknya untuk saling bahu membahu mensukseskan pesta demokrasi yang berlangsung hanya 5 tahun sekali.

” Bagi kami langkah ini bentuk konkret dukungan lembaga kami terhadap kelancaran proses pemilu yang damai. Jika perlu elemen masyarakat lain yang mempunyai kepedulian terhadap pemilu ini juga dilbatkan. Karena dengan demikian, pemilu jurdil akan dapat dilaksanakan, ” tagasnya.

Arik berharap semua elemen terlibat utamannya organisasi kepemudaan  turut mengawal pemilu. Setidaknya, peluang terjadinya kecurangan pada pemilu akan semakin kecil.

Seperti diketahui sebelumnya dari sekian ormas kepemudaan, LSM Lira salah satu ormas yang diundang untuk mengikuti sekola kader pengawasan partispatif untuk pemilu yang demokratis. Acara tersebut diselenggarakan selama 3 hari di salah satu hotel bintang lima di Surabaya beberapa waktu lalu. (why/ian)