MLM Genre Kabupaten Pasuruan Masuk 35 Program Inovasi Jatim

0
 INOVATIF: Kepala Dinas PP dan KB Ir Yetti P saat pemaparan di hadapan tim Kovablik Jatim di hotel Orchid Batu. ( A. Zainurrifan/kadenews)

PASURUAN- kadenews.com : Dinas KB dan PP Kabupaten Pasuruan masuk 35 finalis kompetisi inovasi pelayanan publik (Kovablik) Jawa Timur, berupa MLM GenRe (Multi Level Marketing Generasi Berencana ).

Sehubungan dengan hal itu,  Kepala Dinas KB dan PP Kabupaten Pasuruan Ir Yetti Purwaningsih MMA  melakukan pemaparan soal program inovasi MLM Genre Kabupaten Pasuruan.

Pemaparan itu dilakukan di hadapan tim juri Kovablik Jatim di Hotel Royal Orchids Garden Batu, Senin (27/8).

Menurut Yetti MLM Genre itu sebuah terobosan untuk menekan pernikahan usia dini. Dan munculnya program ini melihat keprihatinan kenaikan pernikanahan dini yang mencapai 110 kasus ditahun 2015 dan ditahun 2016 ada 120 kasus.

“MLM itu merupakan terobosan karena tingginya kasus pernikahan usia dini dengan empat langkah inovasi,” ujarnya.

Di antaranya, pertama, komunitas GenRe berupa pembentukan komunitas GenRe di kecamatan, desa dan dusun.

Kedua, safari GenRe , sosialisasi dan edukasi tiga risiko yang dihadapi oleh remaja terkait kesehatan reproduksi remaja yang meliputi seksualitas, Napza dan pernikahan usia dini.

Ketiga Hello GenRe, saat sosialisasi terhadap program GenRe, Duta GenRe memberikan kartu nama dan nomor telepon duta genre tersebut.”Juga menyampaikan di medsos yang bisa dijapri,” tambah Yetty.

Dikatakan oleh Yetty, untuk inovasi keempat berupa salam GenRe, melakukan pendekatan silaturahmi kepada remaja. Khususnya apabila ada kasus tertentu. Misalnya ada remaja yang mengadu tentang kawin muda.

“Ada pendampingan ke korban yang mengalami kawin muda. Dan pendekatan dengan memberikan pemahanan sebuah perkawinan. Jika tetap berlangsung perkawinan dini, pendekatan berikutnya adalah tentang pengunaan kontrasepsi KB, ” paparnya lagi. (aza/ian)