Polisi dan Dishub Cek Kelaikan Bus Angkutan Mudik

0
PERIKSA: Petugas gabungan dari Polres Lumajang dan Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang, melakukan pengecekan kelaikan bus.

LUMAJANG-Kadenews.com: Mendekati arus mudik lebaran 2018, petugas gabungan dari Polres Lumajang dan Dinas Perhubungan Kabupaten Lumajang, melakukan pengecekan kelaikan bus.

Seluruh bus yang masuk Terminal Wonorejo, Kabupaten Lumajang langsung diperiksa oleh petugas gabungan dari Polisi dan Dishub, Rabu (13/6/2018) siang. Pemeriksaan dilakukan mulai dari kelengkapan surat-surat hingga kelaikan kendaraan.

Petugas memeriksa kondisi kendaraan mulai dari rem hingga bagian bagian penting lainnya.

Selain melakukan pemeriksaan kendaraan bus, juga dilakukanlah pengecekan kesehatan dan tes urin kepada sejumlah orang awak angkutan dan pengemudi bus.

“Ada 53-an sopir dan awak bus yang kami periksa kesehatannya. Kalau hasil tes urine sejauh ini masih negatif, dan kami juga berikan multivitamin dan obat obatan yang mereka butuhkan,” kata Paur Kesehatan, Hj.Tri Murti.

Menurutnya, para sopir yang memiliki tensi tinggi berbahaya saat mengemudikan kendaraan. Banyak kasus kecelakaan angkutan umum yang faktor penyebabnya kesehatan sopir bermasalah.

“Kalau tensinya tinggi, mereka bisa pusing sewaktu-waktu. Itu berbahaya kalau pas mengemudi, bisa menyebabkan kecelakaan,” ujarnya.

Sementara itu, Kepala Bidang Lalu Lintas (Kabid Lalin) Dishub Kabupaten Lumajang, AH Trisunu mengungkapkan bahwa pengecekan tersebut dilaksanakan guna kenyamanan para calon penumpang yang hendak mudik lebaran.

“Kami lakukan pengecekan kelaiakan kendaraan ini guna mencegah kendaraan yang kurang perawatan serta untuk kenyamanan para penunmpang saat arus mudik mendatang,” ungkapnya.

Uji kelayakan tersebut menurut Trisunu, di antaranya fokus kepada kondisi ban, pemeriksaan rem, untuk memastikan dalam keadaan baik dan pakem dan seluruh lampu-lampu sampai mesin, semuanya harus dalam keadaan prima dan siap jalan.

“Pemeriksaan kelaiakan mencakup kondisi ban, rem, lampu-lampu dan mesin di mana semuanya itu harus dalam kondisi fit,” tambahnya.(fat/ian)