Ini yang Membuat Pelatih Arema Joko Susilo Tak Pusing Lagi

0
LEGA: Pelatih Joko “Gethuk” Susilo saat menyematkan ban kapten kepada Dendi Santoso menjelang pertandingan ujicoba. (Foto:ist)

Reportase: Syamsul Bahri

MALANG-kadenews.com: Pelatih Joko “Gethuk” Susilo kini merasa lega. Beberapa minggu akhir-akhir ini kepalanya mumet. Memikirkan pemain yang layak menyandang ban kapten tim Arema FC. “Tapi alhamdulillah, sekarang sudah nggak pusing lagi,” jelasnya.

Ya, Joko Susilo sudah menemukan pemain yang dipercaya mengemban tugas sebagai kapten tim. Dia adalah Dendi Santoso. Sebelumnya, ban kapten selalu disematkan kepada Ahmad Alfarizi. Dan dalam beberapa kali ujicoba, Joko Gethuk sudah mempercayakan pada Dendi Santoso.

“Saya kira sudah saatnya dia jadi kapten. Bayangkan, sejak usia 13 tahun, dia sudah memakai kostum Arema. Jadi, loyalitasnya pada klub ini tak diragukan lagi. Memang di awal-awal kelihatan canggung, tapi lama-lama akan terbiasa juga. Yang penting dia kelihatan tanggung jawab dengan ban kapten yang disandangnya,” alasan Joko Gethuk.

Sementara Dendi Santoso sendiri sudah mulai sreg dengan penunjukan dirinya sebagai kapten tim Arema FC. Bahkan pemain bek sayap asli produk Akademi Arema ini mempunyai dua pemain yang menjadi inspiratornya. Ya, siapa lagi kalau bukan mantan kapten tim Arema Ahmad Bustomi dan Francesco Totti, kapten tim AS Roma Italia.

“Saya melihat Sam Bustomi cukup amanah memegang kapten tim. Baik di dalam maupun di luar lapangan. Saya ingin seperti dia. Sedangkan Francesco Totti, orangnya kharismatik. Untuk itu, saya minta doanya semua, terutama keluarga dan Aremania agar saya bisa mengemban amanah ini,” tutur Dendi.

Dia pantas bisa menilai Ahmad Bustomi seperti itu. Mengingat saat pemain nasional itu menyandang kapten tim Arema musim 2014 lalu, Dendi termasuk di dalam timnya. Meski sebagai pemain senior, tapi Ahmad Bustomi tak segan-segan memberi masukan pada pemain juniornya. “Termasuk saya sering diberi masukan sama Sam Bustomi,” kenang Dendi. (*)