Mendaki Semeru Tersesat, Naik Pohon, Jatuh Tewas

0
TERTINGGI DI JAWA: Gunung Semeru yang memiliki beberapa jalur pendakian di antaranya lewat Tawon Songo.

LUMAJANG – KADENEWS.COM: Seorang pendaki meninggal dunia di jalur pendakian lama yakni di sekitar jalur Tawon Songo, Pasrujambe. Korban Saidi (20) warga Kabupaten Brebes Jawa Tengah.

“Ia benar, kami mendapatkan informasi ada pendaki meninggal dunia di jalur pandakian lama, Tawon Songo, sekarang masih dilakukan evakuasi” ujar Kabid Pencegahan, Kesiapsiagaan dan Logistik Kantor BPBD Lumajang, Wawan Hadi SH, M.Sc. Jumat (5/10/2018).

Wawan menuturkan, korban berangkat bersama temannya Affan Abdullah tanggal 24 September 2018 mereka berangkat dari Malang menuju Pasrujambe, Lumajang dengan naik pick up.

Setiba di Pasrujambe di tempat pengambilan pasir dan beristirahat sejenak. Setelah itu  melanjutkan lagi naik pick up menuju Tawon Songo.

“Sekitar pukul 10.00 Wib mereka berdua memulai melakukan kegiatan pendakian lewat jalur Pasrujambe dengan membawa peralatan senter, tenda, sleeping bag, bahan makanan, pakaian, dan solar,” kata Wawan Hadi.

Namun kedua pendaki tersebut tersesat di tengah perjalanan, Syaidin mengambil inisiatif memanjat pohon untuk mencari arah.

Saat memanjat pohon malahan dia terjatuh dari atas pohon dan meninggal di lokasi kejadian.

Teman korban Affan Abdullah kemudian melanjutkan perjalanan kembali ke Tawon Songo untuk meminta bantuan.

Setelah beberapa hari perjalanan, hari Kamis tanggal 4 Oktober 2018 sekitar jam 17.00 wib korban bisa sampai ke Tawon Songo dan mengabarkan bawa temannnya sudah meninggal.

“Saat ini tim gabungan sedang melakukan evakuasi untuk dibawa ke Rumah Sakit Umum Hariyoto Lumajang untuk divisum,” pungkas Wawan Hadi. (fat/ian)