Ombak 4 Meter Terjang Pantai Dampar, Warung dan Perahu Nelayan Rusak

0
ROBOH: Sejumlah warung di pinggir pantai hancur diterjang ombak.

LUMAJANG-kadenews.com: Ombak besar setinggi 4 meter menghajar pesisir pantai selatan di wilayah Kabupaten Lumajang sejak Rabu (18/7/2018) hingga Kamis (19/7/2018) dini hari.

Akibat terjangan ombak besar itu, kapal-kapal nelayan dan sejumlah warung di pinggir pantai rusak parah.

Untungnya gelombang tinggi terjadi di wilayah Pantai Dampar, Dusun Dampar, Desa Bades Kecamatan Pasirian itu tidak sampai menimbulkan  korban jiwa.

Kepala Bidang Pencegahan Kesiapsiagaan dan Logistik BPBD kabupaten Lumajang Wawan Hadi mengatakan,  gelombang ombak besar itu menerjang sekitar 30 perahu dan 19 warung yang berada di pinggir pantai Dampar.

“Salah satu warung roboh hingga rusak berat milik Herman (27), sedangkan lainnya mengalami kerusakan 40% sampai 60%,” ujar Wawan Hadi, Kamis (19/7/2018).

Selain itu,  dua perahu nelayan  mengalami kerusakan pada bagian sirip dan keseimbangannya patah.

“Perahu yang rusak ringan pada bagian kincir dan kemudi mesin,” ucapnya.

Wawan menambahkan berdasarkan laporan BMKG Jawa Timur, potensi gelombang tinggi ini diperkirakan masih akan berlangsung dalam beberapa hari ke depan. Tinggi gelombang maksimum terjadi pada hari ini yang bisa mencapai ketinggian 4 meter.

“Sampai saat ini petugas gabungan masih berada di lokasi untuk membantu nelayan dan warga pemilik warung serta membersihkan lokasi karena banyak sampah berserakan,” ungkap Wawan. (fat/ian)