Petani Pademawu Masih Berat Tinggalkan Tanam Tembakau

0
MASIH FAVORIT: Tanaman tembakau di Dusun Malangan, Desa Pademawu Timur, Kecamatan Pamekasan, Kabupaten Pamekasan.
PAMEKASAN-kadenews.com: Tanaman tembakau atau yang lebih di kenal dengan daun emas rupanya masih menjadi tanaman favorit bagi sejumlah petani di Pamekasan,  Jawa Timur.

Tanaman yang sempat menjanjikan harga tinggi ini dalam beberapa tahun belakangan ini mulai ditinggal oleh sejumlah petani di Dusun Malangan, Desa Pademawu Timur,  Kecamatan Pademawu Pamekasan.

Sejumlah petani di desa setempat mengalihkan ke jenis tanaman lain. Salah satunya Niri, petani asal Dusun Malangan Tengah itu memilih menanam  padi di ladangnya. Namun dia juga masih menanam tembakau meski tidak sebanyak pada tahun lalu.

Bapak tiga orang anak ini mengaku tetap menanam tembakau dengan harapan tanaman ini akan kembali menjadi tanaman yang menjanjikan dalam mengembangkan perekonomian keluarga. Terlebih  bagi para petani yang pernah merasakan untungnya tanaman tembakau.

“Tanaman jenis lain belum mampu menggeser  kecintaannya para petani di desa ini terhadap tanaman tembakau,” ujar Niri.

oleh sebab itu, lanjut Niri, meski harga tanaman tembakau ini jauh dari harapan petani namun para petani  di Desa Pademawu Timur  ini setiap musimnya masih menanami sebagian ladangnya dengan tanaman tembakau.

“Harapan kami harga  tembakau kembali naik sehingga mampu mengangkat perekonomian petani tembakau,” harap Niri.(bae/ian)