Pj Bupati Pamekasan Lepas 881 CJH 2018

0
PAKAIKAN BAJU BATIK: Pj Bupati Pamekasan, Fatah Yasin melepas secara simbolis Jamaah Haji di Masjid Agung Asy - Syjhada' Pamekasan.

PAMEKASAN- kadenews: Sebanyak 885 Calon Jamaah Haji (CJH) asal Kabupaten Pamekasan, dilepas secara simbolis oleh Pj Bupati Pamekasan, Fattah Jasin di Mesjid Agung Asy-Syuhada’ jalan Mesegit Pamekasan, Senin (09/07/2018).

Dalam acara tersebut, juga dihadiri Forkopimda, sejumlah OPD terkait, pejabat Kementerian Agama (Kemenag) tokoh agama dan tokoh masyarakat.

Pj Bupati Fattah Jasin mengatakan, terdapat tiga hal yang harus diperhatikan dan harus dipenuhi serta dipatuhi oleh para CJH asal Pamekasan.

“Pertama para jamaah itu harus iklas agar dalam melakukan ibadah dari berangkat hingga kepulangan akan berjalan lancar. Kedua, tawakal, di mana kita harus terus memohon kepada Allah. Dan yang ketiga sabar, artinya harus sabar mulai dari sekarang, keberangkatan hingga di asrama haji pun harus sabar,” katanya.

Setelah menyampaikan sambutan dan arahan, Pj Bupati Pamekasan secara simbolis memasang baju seragam jamaah haji ke salah satu jamaah.

Secara terpisah, Kasi Haji dan Umrah Kemenag Pamekasan, Affandi menjelaskan, CJH Pamekasan sebanyak 885 dibagi dalam dua kloter, yakni kloter 12 sebanyak 442 jamaah, kloter 13 sebanyak 439 jamaah. Mereka akan berangkat pada 20 Juli 2018.

Menurutnya, dari 885 CJH terdapat 4 orang yang mundur dalam pemberangkatan ke tanah suci Makkah.

“Yang empat orang itu 1 orang meninggal dari kloter 12 atas nama Huzaimah asal Pademawu, dan satu hamil atas nama Usbatul Hasanah. Sedangkan 2 lagiĀ  meninggal di kloter 13 atas nama Rosidah dari Pasean dan Supaddi asal Tlanakan,” katanya.

Affandi mengatakan, untuk yang meninggal dunia sesuai dengan amanah PMA 174/2018 regulasi baru jamaah haji yang meninggal bisa dilimpahkan ke ahli waris.

“Ini ditujukan bahwa yang meninggal itu juga memperoleh hak yang sama yang bisa dilimpahkan ke ahli warisnya, tidak serta merta porsinya langsung di-delete,” ujarnya. (bw/ian)